Tak Sarapan, Puluhan siswa Peserta Upacara Pingsan

tim URC Dinkes Bangkalan saat menolong siswa yang pingsan
 TRC Dinkes Bangkalan saat menolong siswa yang pingsan

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– sekitar 20 orang siswa peserta upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 70 di alun-alun kota Bangkalan pingsan. Puluhan siswa itu roboh karena tidak sarapan pagi. “Rata-rata siswa yang pingsan itu karena tidak sarapan,” kata Kasi kesehatan khusus Dinkes Bangkalan, Retno Widiaty, Senin (17/08/2015)

Dikatakan Retno Widiaty, kerena tidak sarapan pagi, maka para  siswa itu kekurangan kadar gula dan mereka banyak  pingsan. “Mereka mengalami Hipternsi atau tekanan darah kurang, makanya mereka jatuh pingsan. Pada masa SMA ini kan masa- masa psikologis, mereka ingin langsing dan males sarapan,” jelasnya.

Lebih lanjut Retno Widiaty menjelaskan, untuk menangani siswa yang pingsan petugas kesehatan dari Dinkes Bangkalan, membawa ke tempat yang teduh.”Penanganannya mudah, siswa yang pingsan kita tempatkan di tempat yang teduh dan udaranya segar, kemudian dibefi minuman yang manis agar  darah yang mengalir ke otak lancar,” katanya.

Dikatakan Retno Widiaty, untuk menangani siswa yang pingsan pada saat upacara bendera ini, Dinkes Bangkalan melibatkan 30 personil. Tim reaksi cepat (TRC) dan puskesmas kota. “Di laun-alun ini kami mendirikan 2 pos yaitu  pos Barat dan pos Timur,” pungkasnya. (hib/shb)