HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Takmir Masjid Dihimbau Tidak Gunakan Kantong Kressek Berwarna Dalam Membagikan Hewan Kurban  

ilustrasi, daging kurban
ilustrasi, daging kurban

 

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Dinas Pertanian Dan peternakan kabupaten Bangkalan menhimbau kepada takmir masjid dan masyarakat agar supaya tidak menggunakan kantong kressek  berwarna didalam membagikan daging hewan kurban. Karena mengandung zat Karzionik yang dapat memicu penyakit kanker.”Kami sarangkan lebih baik memakai kantong kressek yang bening aja atau tidak berwarna,” kata Kabid Keswan Dan pelayanan peternakan, Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan Azizun Hamid, Jum,at (9/9/2016).

Dikatakan Azizun Hamid Begitu Juga dalam pembagian daging kurban nanti agar supaya antara daging dan jeroan dipisah. “Daging Jeroan seperti hati jangan ditempatkan disatui kantong plastik karena hati itu ada penyakitnya kuatir dagingnya terkontaminasi dan  namanya jeroan tempatnya penyakit,” kata Alek panggilan akrabnya Azizun Hamid

Dispartanak juga mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada takmir masjid agar tidak menyembelih hewan kurban  betina yang masih produktif. “Yang jelas kita meyarankan dan kerjasama dengan takmir masjid, untuk menghidari menyembelih hewan kurban  betina produktif,” tuturnya.

Sebab kata Alek, jika sapi atau kambing betina yang masih produktif dijadikan hewan kurban, maka akan mengancam  keberlangsungan populasi. “Jadi surat edaran ke takmirmasjid ini. Kita keluarkan untuk  menjaga kelestarian sapi madura,” pungkasnya. (hib/shb)