Tambah Kapasitas Water Treatmen, BPWS Kembali Investasi Rp 20 Milyar

pipa PDAM di kawasan res area Suramadu

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk menambah kapasitas debit air water treatmen dari PDAM Sumber Pocong Burneh, Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) pada tahun 2018 ini anggarannya sebesar Rp 20 Milyar. “Pada tahun 2017, investasi BPWS itu Rp 35 Milyar dan pada tahun 2018 ini BPWS menambah investasi lagi sebesar Rp Milyar,” kata Direktur PDAM Sumber Pocong Bangkalan, Andang Pradana, Rabu (24/1/2018).

Dikatakan Andang Pradana, investasi Rp 20 Milyar ini untuk menambah kapasitas debit air dari 50 liter/detik menjadi 100 liter/detik. “Pada awalnya membangun tnadon dan instalasi dengan kapasitas 50 liter/detik, danpada tahun 2018 ini nambah lagi kapasitasnya 50 liter/detik lagi, jadi totalnya 100 liter/detik,” jelasnya.

Dijelaskan, dia, saat ini water treatmen milik BPWS sudah beroperasi dan hasilnya sangat memuaskan. “Airnya sudah dicoba dan hasilnya bagus. Dari kekeruhan 90 MPU pada awalnya sekarang sudah turun kekeruhannya menjadi 0, MPU,” terang Andang.

Ditambahkan Andang Pradana, investasi BPWS pada tahun 2018 ini, akan dibangun tandon dan alat transmisi filerasi. “Kalau prasetnya sudah terpasang 100 liiter/detik, mungkin untuk peralatan lainnya masih belum,” katanya.

Investasi dari BPWS Ini kata Andang, bukan investasi kepada PDAM Sumber Pocong, namun investasi ke pemkab Bangkalan. “Kemungkinan dikerjasamakan dengan PDAM pengelolaannya. Istilahnya  serah terima kelola dan BPWS masuk di dalamnya, biaya operasionalnya dari BPWS , seperti untuk bayar uang listriknya itu BPWS yang bayar,” pungkasnya.(hib/shb)

iklan 100x100