Tekan Angka Covid-19, Dinkes Bangkalan Terus Lakukan Pencarian Kasus Baru

Kadinkes Bangkalan, H Sudiyo

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Zona sebaran Covid-19 kabupaten Bangkalan saat ini berada pada zona kuning, untuk terus menekan angka Covid-19 ini, Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan saat ini terus melakukan pencarian kasus baru. “Dalam 2 bulan terakhir kita intens mencari penderita baru, salah satu yang kita lakuka adalah melakukan pemeriksaan karyawan di rumah sakit, ada  600 orang yang kita periksa dan ditemukan 25 orang ;positif,” kata Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan, H Sudiyo, Selasa (03/11/2020).

Selain melakukan Pemeriksaan di Rumah sakit kata Dia, pemeriksaan dan pencarian kasus baru juga dilakukan di semua jajaran puskesmas yang ada di kabupaten Bangkalan. “Semua jajaran  puskesmas kita periksa ada 780 orang, dan ditemukan banyak kasus positif semuanya dari OTG, Alahmdulillah  sembuh,” jelas Yoyok sapaan akrabnya Kadinkes Bangkalan ini.

Dijelaskan Yoyok, pencarian kasus baru tidak hanya dilakukan di rumah sakit dan Puskesmas, akan tetap di jajaran koramil dan Kodim 0829/Bangkalan juga dilakukan pemeriksaan. “Jadi dalam 2 bulan terkahir ini kita lakukan pencaraian kasus-kasus baru yang sebanyak-banyaknya,” terangnya.

Ditambahkan Yoyok, meskipun di kabupaten Bangkalan kasus baru naik namun angka sembuh juga naik. “Walaupun kasus kita naik tapi angka kematian kita rendah akhirnya kita landai dan menjadi kuning, itu perjuangan yang luar biasa,. karena orang dilakukan swab itu bukan pekerjaan mudah, mereka merasa takut dan  lari,” tuturnya.

Jadi kata Yoyok untuk bisa menjadi zona kuning bukan hal yang mudah. “Kita saat ini berada di zona kuning bukannya tidak dengan perjuangan, Untuk zona kuning itu ada beberapa indikator ada 15 indikator.,Yang membuat suatu daerah cepat menjadi zona kuning itu adalah adanya penderita baru dan sembuh dan yang membuat zona merah itu adanya penderita baru dan mati,” katanya.


Oleh sebab itu Imbuh Yoyok, saat ini pihaknya terus melakukan upaya-upaya pengereman kasus Covid-19. “Ada 2 upaya yang kita lakukan, yaitu  upaya yang sifatnya kuratif atau treatmen dan upaya prefentif  ata promotif, upaya upaya ini kita lakukan untuk mengerem laju covid-19,” ujarnya.

Kadinkes Bangkalan ini mengharapkan, dengan upaya-upaya yang dilakukan itu, Covid-19 di kabupaten Bangkalan terus melandai. “Semoga Covid di wilayah kita terus melandai dan kita segera zona hijau,” pungkasnya. (hib/shb)