Tekan Angka Penyebaran Virus Corona, Polres Bangkalan Luncurkan Aplikasi Bangkalan Anti Covid-19

Bupati Bangkalan, bersama forkopimda usai melaunching Aplikasi Anti Covid-19

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk memutus mata rantai dan menekan angka penyebaran virus Corona (Covid-19) di kabupaten Bangkalan, Polres Bangkalan bersama tim gugus tugas Covid-19 meluncurkan Aplikasi bangkalan anti Covid-19. “Aplikasi ini pada prinsipnya untuk membantu tim gugus tugas, maupun membantu masyarakat yang terdampak ataupun masyarakat yang masuk dalam katagori  OTG, ODR ODP maupun  PDP untuk bisa cepat sembuh,”  kata Kapolres Bangkalan, AKPB Rama Samtama Putra, disela-sela acara peluncuran Aplikasi bangkalan anti Covid-19 Analisa Tracing dan Informasi, di Mapolres Bangkalan, Selasa (23/6).

Dikatakan Rama, peluncuran aplikasi bangkalan anti covid 19 ini tujuannya untuk singkronisasi data dari survaillance tentang ODR, ODP, OTG, PDP  sembuh dan meninggal dunia, sehingga data tersebut langsung bisa di akses di aplikasi yang terpusat di Comencenter polres Bangkalan. “Dengan aplikasi ini bagaimana kabupaten Bangkalan dari zona merah bisa menjadi zona hijau. keinginan kita zona hijau, jadi kepada mereka – mereka yang terkonfirmasi positif, baik yang masuk katagori PDP, OTG, ODP dan ODR  diharapkan sembuh, maka didalam aplikasi ini sebagai salah satu fitur memanfatkan perkembangan tehnologi informasi untuk membantu tugas tim gugus tugas maupun warga yang mengn-upload atau mendonload aplikasi itu sendiri,” jelas Rama sapaan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Dijelaskan Rama, dalam aplikasi ini ada fitur konsultasi kesehatan. “Diaplikasi ini ada fitur konsultasi, ketika ada DPD yang masih dalam masa karantina atau isolasi, mereka bisa secara real time, baik melalui video cali, melalui SMS  bisa berkonsulatsi kesehatan kepada petugas yang nomer- nomernya sudah diinput disana, mulai dari RSUD, petugas medis di Puskesmas sampai bidan- bidan desa dan ini kita coneckan ke ketua- ketua kampung tangguh Semeru yang ada di wiliayah bangkalan,” terangnya.

Kapolres Bangkalan mengharpakan, aplikasi anti covid-19 ini bisa membantu memberikan pelyanan kepada masyarakat. “Aplikasi ini kita harapkan bisa membantu memberikan pelayanan kesehatan, kita juga berharap penyebaran Covid 19 di bangkalan menurun dan dari zona  merah bisa berubah kuning dan hijau,  dan mulai hari ini masyarakat sudah bisa meng- upload aplikasi ini,” tuturnya.,       

Sementara itu, Bupati bangkalan, R Abd Latif Amin Imron, sangat mengapresiasai dengan adanya peluncuran aplikasi anti covid-19 ini. “Salah satu upaya  dalam pencegahan Covid-19 maka dibuat lah nya aplikasi anti covid 19,” kata Ra Latif sapaan akrabnya Bupati bangkalan.

Seba kata Ra latif saat ini jumlah kasus Covid-19 di kabupaten Bangkalan terus bertambah. “Kasus covid 19  di kabupaten  menunjukkan angka yang sangat tinggi, ini salah satu upaya dari TN-Polri untuk mendisiplikan masyarakat, yang selama ini bekerja bahu membahu,” terangnya.

Bupati Bangkalan mengharapkan agar supaya masyarakat mematuhi himbauan dari pemerintah untuk meningkat disiplin. “Harapan kami dengan adanya aplikasi ini masyarakat tetap patuh dan disiplin terhadap himbauan pemerintah. Terutama kebiasaan baru seperti memakai masker, menjaga jarak,  peluncuran aplikasi ini untuk mutus mata rantai penyebaran covid-19 di kabupaten Bangkalan,” pungkasnya. (hib/shb)