HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Terkait Evaluasi Absensi Anggota Dewan, Puluhan Anggota LSM Gerbang Datangi BK

anggota LSM Gerbang saat audensi

anggota LSM Gerbang saat audensi

Bangkalan,Maduranewsmedia.com- Sekitar 50 orang anggota LSM Gerakan Rakyat Bangkalan (Gerbang) mendatangi Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Bangkalan. Mereka tidak terima dengan adanya evaluasi absensi anggota DPRD Bangkalan yang di eskpose di media. “Tujuan dari kedatangan kami menemui Ketua dan anggota Badan Kehormatan ini karena kami termotivasi dengan adanya pemberitaan yang muat di media, kami sangat terkejut karena di muat secara vulgar,” kata Sekretaris Gerbang, Soleh Said saat beraudensi dengan Ketua dan anggota BK DPRD Bangkalan, Senin (11/01/2016).

Karena kata Soleh, setelah hasil evaluasi absensi anggota DPRD Bangkalan itu dimuat di media, banyak tanggapan beragam yang muncul di masyarakat. “Setiap anggota dewan ini kan mempunyai konstituen, jadi opini yang muncul di masyarakat beragam setelah berita itu muncul,” jelas Soleh.

Dijelaskan dia, apa yang dilakukan BK DPRD bangkalan tersebuat membuat masyarakat yang merupakan konstituen dari anggota dewan yang bersangkutan merasa kuatir masalah evaluasi absensi anggota DPRD Bangkalan tersebut.”Ada kekuatiran faktor politik dalam masalah evaluasi absensi ini, kita kuatir seperti MKD di Jakarta,” terangnya.

Wakil Ketua DPRD Bangkalan, Abdurrahman kepada LSM Gerbang mengatakan, evaluasi absensi anggota yang dilakukan BK ini tidak ada tendensi lain. “Ini (evaluasi absensi Red) tidak ada tendensi apa-apa, ini murni hanya mengevalauasi, murni perbaikan ke dalam, karena teman-teman kita yang tidak hadir dalam paripurna banyak, jadi ini untuk mengintropeksi ke dalam,” kata Abdurrahman.

Wakil Ketua DPRD Bangkalan dari Partai Demokrat ini mengakui jika selama ini kinerja DPRD Bangkalan menurun.”Selama ini lembaga DPRD ini kinerjanya lemah dan menurun, pada saat pengambilan keputusan atau paripurna, sering di tunda karena tidak kuorum. Dalam rangka koreksi kami, melakukan eveluasi melalui absensi, dan teman-teman yang sering tidak masuk itu sudah ditegur beberapa kali,” tuturnya.

Abdurahman menegaskan, jika yang dilakukan oleh BK DPRD Bangkalan ini murni sebagai kereksi ke internal anggota DPRD Bangkalan. “Percayalah ini evaluasi murni dan tidak ada tendensi politik,” pungkasnya. (hib/shb)