Terkait Perubahan Dapil, KPU Mulai Kirimkan Format Dapil Ke Pimpinan Parpol

Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar

Bangkalan,maduranewsmedia.com– KPU Kabupaten Bangkalan telah mengirimkan format Daerah Pemiluihan (Dapil) pemilu 2019 ke pimpinanPartai Politik peserta pemilu. “Format dapil sudah kita kirimkan ke Parpol dan Pemeritah daerah,” kata Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jakfar, Selasa (6/2/2018).

Dikatakan dia, format dapil yang dikirimkan ke parpol itu adalah hasil dari Fokus Group Disction (FGD). “FGD ini anggota ada parpol ada pemerintah dan juga KPU. Jadi hasil dari diskusi FGD ini yang kemudian menghasilkan format dapil yang kita kirim ke pimpinan parpol itu,” jelas Fauzan

Dijelaskan Fauzan, Format da[pil ini dikirim ke pimpinan parpol dan pemerintah agar supaya dicermati dan ada masukan terkait dapil pemilu 2019. “Nanti pada saat ini Dapil pemilu 2019 diuji publik ada masukan dari pimpinan parpol juga dari pemerintah,” terangnya.

Sebab kata Fauzan, sebelum format dapil ditetapkanmenjadi Dapil pemilu 2019, format dapil tersebut akan diuji publik. “Uji publik untuk format dapil dengan skema 5 dapil ini akan kita laksanakan nanti pada tanggal 11 Pebruari,” katanya.

Oleh sebab itu imbuh Fauzan, sebelum dilakukan uji publik terhadap format dapil tersebut, KPU sangat mengharapan masukan terhadap format dapil dengan skema 5 dapil tersebut. “Memang banyak parpol yang menginginkan dapil tetap menggunakan dapil yang lama, namun di dapil yang lama yaitu Dapil pemilu tahun 2014, masih ada kekurangan,” tuturnya.

Ditmabahkan Fauzan, yang [erlu diingat dalam proses penetapan dapil ini ada 7 prinsip yang salah satunya dari prinsip itu adalah kesetaraan nilai antar dapil. “Kalau seumpanya kita memakai dapil tahun 2014 disitu ada ketidaksamaan nilai antar dapil, kalau yang dapilhasil simulasi yang formatnya telah kita kirimkan disitu merata antar dapil,” pungkasnya. (hib/shb).

iklan 100x100