HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Terkendala Jaringan, PDAM Bangkalan Tak Capai Target Pelanggan

 

PDAM Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Karena terkendala dengan jaringan, target Pelanggan PDAM sumber Pocong Bangkalan tidak tercapai. Target  pelanggan pada tahun 2017 ini,  sebanyak 1.500 pelanggan, namun sampai saat ini yang terealisasi baru 600 pelanggan. “Tahun 2016 lalu kita juga tidak mencapai target, masih tersisa 400 dari yang yang kita targetkan,   jadi total target pelanggan PDAM sumber Pocong Bangkalan pada akhir tahun 2017 ini yang belum tercapai 1.300 pelanggan,” kata Direktur PDAM Sumber Pocong Bangkalan, Andang Pradana, Kamis (20/7/2017).

Dikatakan Andang Pradana, tidak tercapai target pelanggan PDAM ini terkendala dengan adanya jaringan yang belum tersambung ke rumah pelanggan. “Kalau panjangnya jaringan masih 1 km kita berani melayani, namun kalau sudah lebih dari itu ya kita ngak berani, karena keterbatasan anggaran kita,” jelas Andang panggilan akrabnya Dirut PDAM sumber Pocong Bangkalan ini.

Dijelaskan Andang, agar supaya target pelanggan ini bisa tercapai, , PDAM sumber Pocong Bangkalan harus membangun dan menambah jaringan baru lagi. “Salah satunya cara untuk mengerjar target pelanggan yang belum tercapai ini, kita harus membangun jaringan baru,” terangnya.

Namun kata Andang, pihaknya optimis sisa target pelanggan yang belum tercapai ini, pada akhir tahun nanti bisa tercapai. “Kita optimis target pelanggan ini bisa tercapai, karena sekarang di kabupaten bangkalan banyak perumahan baru, dan itu sesuai dengan Rekomendasi dari BPN harus ada sambungan PDAM-nya,” tuturnya.

Memang imbuh Andang, ada sejumlah pengembang nakal yang mensiasati dengan membuat sumur bor. Untuk menghindari hal tersebut, pihaknya mengingat dengan 10 sambungan rumah. “Dengan siasat ini, Alhamdulillah para pengembang nakal bisa kita atasi,” katanya.

Ditambahkan Andang, selain perumahan baru, untuk mengejar target pelanggan yang masih banyak tersebut, PDAM bangkalan akan mengelurkan kebijakan baru yaitu memberikan diskon pada Hari Jadi kota Bangkalan  sebesar 30 persen bagi pemasang baru. “Jadi kalau pasang baru tanpa Discon itu pelanggan baru harus bayar Rp  975 ribu, setelah  di discon 30 persen, pelanggan baru hnaya bayar  Rp 700 ribu, dan sekarang  untuk pasang baru. Dan sekarang pemasang baru sudah yang titip KTP untuk mendaftar,” pungkasnya. (hib/shb)