Tetapkan Strategi Penanganan Wabah Covid-19, Pemkab Bangkalan Alokasikan Anggaran Rp 65,2 Milyar

Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Setelah ada pasien warga dari kecamatan Blega terkonfirmasi positif Covid-19, pemkab bangkalan menetapkan sejumlah strategi penanganan wabah Covid-19 di kabupaten Bangkalan. Untuk menerapkan strategi itu, pemkab Bangkalan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 65,2 Milyar. “Anggaran  Rp 65,2 M ini hasil refocusing anggaran dan efisiensi dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan pemkab Bangkalan,” kata Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron, saat pers rilis di pendopo Agung Bangkalan, Jum,at (10/04/2020).

Dikatakan dia, pengalokasian anggaran dalam menangani wabah Covid-19 telah sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Dengan anggaran ini kita telah menetapkan beberapa strategi penanganan wabah Covid-19 di bangkalan, “ jelas Ra Latif sapaan akrabnya Bupati bangkalan yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Ra Latif, strategi yang akan diterapkan itu antara lain; pihaknya akan terus melakukan pencegahan penyebaran penularan Covid-19 melalui upaya preventif dan telah dilakukan secara massif sampai ke pelosok desa. Pemkab Bangkalan akan meningkatkan system keamanan tubuh melalui upaya promotif seperti imbauan untuk olah raga teratur, berjemur, mengkonsumsi asupan bergizi dan bervitamin, cukup istirahat agar tidak stress.

Strategi lainnya kata Ra Latif, pemkab Bangkalan akan meningkatkan kapasitas system kesehatan, seperti kesiapan tenaga medis, sarana, ruang perawatan, dan penguatan system seperti deteksi dini Covid-19 melalui petugas surveilance di lapangan, peningkatan ketahanan pangan dan produksi pangan, seperti mengawal produksi dan distribusi kebutuhan pokok. Dan memperkuat jaring pengaman sosial (safety net) seperti bantuan langsung kepada masyarakat.(hib/shb)