Tim Adipura Dari Kementrian LH Lakukan Penilaian di Kabupaten Bangkalan

Tim dari Kementrian RI Saat melakukan penilaian di Kantor DPRD Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Kabupaten bangkalan yang sudah hampir selama 3 tahun terakhir ini tidak menerima piala Adipura, kini mulai berbenah untuk memperoleh penghargaan dibidang kebersihan dan lingkungan itu, Kamis (30/11), tim penilai dari Kementrian lingkungan hidup, LSM dan dari Dinas Propinsi melakukan penilaian di kabupaten Bangkalan. “Ini dalam rangka proses penilaian Adipura untuk P-1.  P-1 adalah Tahap awal kemudian dilanjutkan dengan verifikasi,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bangkalan, Ishak Sudibyo saat mendampingi tim penilaian dari Kementerian LH.

Dikatakan Ishak Sudibyo, untuk verifikasi itu sendiri akan dilakukan pada bulan berikutnya atau pada triwulan kedua. “Jadi tim yang melakukan ini terdiri dari Kementerian LH, LSM yang bergerak dibidang lingkungan, Dinas Propinsi,” jelas Yoyok panggilan akrabnya Ishak Sudibyo.

Dijelaskan Yoyok, dalam penilaian Adipura ini, ada sebanyak 39 obyek titik pantau diantaranya adalah pemukiman atau perumahan, perkantoran dan sekolah “Disemua tempat yang akan dinilai itu harus ada sarana komposter, pemilihan sampah harus ada, dan sistem drainasenya sudah bagus apa ngak,” terangnya.

Setelah penilaian p-1 atau penilaian tahap awal kata Yoyok, akan dilanjutkan ke penilai tahap 2 atau  P-2. “Untuk P-2  diperkirakan nanti bulan Mei, karena pada bulan itu merupakan hari ulang tahun lingkungan,” tuturnya.

Agar supaya kabupaten Bangkalan kembali bisa meraih piala Adipura, Kadis Lingkungan Hidup kabupaten Bangkalan mengaharap kesadaran masyarakat untuk sadar terhadap lingkungan. “Harapan kami kepada masyarakat agar kabupaten bangkalan dapat Adipura harus ikut berpartisipasi dalam hal kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan, mulai kapan ? kalau tidak dimulai dari lingkungan yang paling kecil rumah tangga, baru menginjak kepada lingkungan yang lebih besar di RT,RW dan sebagainya yang terpenting disitu masyarakat paham apa itu lingkungan,” katanya.

Ditambahkan Yoyok, jika melihat masyarakat yang mulai sadar akan lingkungan, pihaknya optimis kabupaten Bangkalan akan dapat meraih Adipura kembali. “Kalau saya yakin optimis, karena banyak sekali dari tim masyarakat yang sudah sedikit sadar akan lingkungan,” pungkasnya. (hib/shb).

iklan 100x100