Tim Dispartanak Temukan Hewan Kurban Demam dan Matanya Berair

Dokter Hewan saat memeriksa kesehatan hewan kurban

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– tim gabungan dari Dinas Peternakan Propinsi Jatim dan Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan yang melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di 11 titik di kota bangkalan menemukan adanya hewan kurban jenis Kambing yang demam dan matanya berair. “Di kecamatan Burneh kita menemukan hewan kurban matanya berair dan panas serta demam,” kata Kepala Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan, Abd Razak didampingi  Kasi zoonosi dan kesehatan hewan.  Raswan disela-sela kegiatan pemeriksaan hewan kurban, Rabu (30/8/2017)

Namun kata Raswan, .hal tersebut tidak ada masalah dan tetap aman untuk dijadikan hewan kurban, karena setelah diberi salep penyakitny asudah sembuh. “Setelah kita beri salep sembuh dan tetap aman untuk dijadikan hewan kurban,” jelas Raswan.

Dijelaskan dia, tim yang turun ke lapak –lapak penjualan hewan kurban itu breranggotakan 8 orang dokter hewan dari Dinas Peternakan kabupaten bangkalan dan 5 orang dokter hewan dari Dinas Propinsi Jatim. “Jadi kita bersama-sama dokter hewan dari propinsi melakukan pemeriksaan di 11 titik lapak-lapak penjualan hewan kurban di kabupaten bangkalan,” terangnya.

Ditambahkan Raswan, selain di 11 lapak-lapak penjualan hewan kurban, pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dilakukan tim ini juga dilakukan di pasar hewan di kecamatan Labang. “Di pasar labang kita juga melakukan pemeriksaan, kita kuatir ada hewan kurban yang sakit dan tidak layak untuk dijadikan hewan kurban,” tuturnya.

Dalam pemeriksaan kesehatan hewan yang dilakukan imbuh Raswan, tim tidak menemukan hewan yang tidak layak untuk dijadikan hewan kurban. “Alhamdulillah, hanya matanya berair dan demam saja yang kita temukan, tapi semuanya masih aman untuk dijadikan hewan kurban,” pungkasnya. (hib/shb)

iklan 100x100