HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Tim LAPAN Bawa Puing Roket Falcon 9 Ke Kantor-nya

puing roket falcon 9 saat dinaikkan ke atas mobil
puing roket falcon 9 saat dinaikkan ke atas mobil

 

Sumenep, maduranewsmedia.com–  Polres Sumenep, menyerahkan benda-benda yang jatuh di Kepulauan Gili Raja Kecamatan Giligenting ke Tim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rabu (29/9/2016).

Sebelumnya, LAPAN terjun langsung ke lokasi jatuhnya benda-benda yang diduga puing roket Falcon 9, diantaranya di Desa Bringsan serta Desa Lombang Kepulauan Gili Raja, Kecamatan Giligenting. “Sesuai dengan Undang-Undang, setiap benda yang jatuh dari angkasa atau sampah antariksa wajib diserahkan ke LAPAN,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Joseph Ananta Pinora saat menyerahkan secara simbolis puing roket Falcon 9.

Dia berharap, LAPAN melanjutkan tugasnya untuk meneliti dan mengidentifikasi benda yang sempat bikin heboh warga Sumenep tersebut, agar diketahui asal-muasalnya. “Mudah-mudahan LAPAN dapat mengungkap lebih jauh benda-benda ini, untuk disampaikan di forum internasional,” imbuhnya.

Sementara itu, peneliti LAPAN, Elly Kuntjahyawati mengungkapkan, sesuai dengan permintaan Kapolres Sumenep dan harapan warga Sumenep, pihaknya akan melakukan penelitian lebih lanjut. “Yang pasti akan kami tindak lanjuti setelah di kantor LAPAN,” tandas Elly.

Sedikitnya, ada empat benda diserahkan ke LAPAN untuk dibawa ke Bandung, Jawa Barat keperluan penelitian. Tiga menyerupai drum besar dengan lilitan hitam, dan satu lagi mirip radiator yang sudah hangus terbakar. (rhm/shb)