Tingkat Kemiskinan Di Jatim Masih Tinggi, Gubernur Jatim Lakukan Program PKH Plus

: Gubernur Jatim Khofifah Indra Parawansa didampingi Bupati bangkalan R Abd Latif Amin saat meninjau bhaksos pemeriksaan kesehatan gratis bagi lansia

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa menyatakan saat ini tingkat kemiskinan diJawa Timur masoh Tinggi. Untuk menanggulangi tingginya angka Kemiskinan tersebut Pemrop Jatim melaksanakan program PKH plus. “Pada tahun 2019 ini ada program di pemrop yaitu PKH plus. Plus ini adalah hasil koordinasi saya dengan   tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan,” jelas Khofifah disela-sela acara Peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional ke 23 di pendopo agung kabupaten Banglalan, selasa (30/07/2019).

Dikatakan Khofifah, setelah dirinya di kukuhkan sebagai Gubernur Jatim Oleh KPU Propinsi, dirinya sowan ke Wapres Jusuf Kalla. “Saya menyampaikan bahwa Kemiskinan terjadi di Jatim sangat tinggi dan sangat rentan,kemungkinan terjadi kemisikinan kembali, maka rekomendasinya kepada saya supaya menyiapkan program PKH plus untuk lansia didalam keluarga penerima manfaat,” jelasnya,

Dijelaskan Khofifah,  Salah kabupaten- kabupaten yang ada di jawa Timur yang menerima program PKH plus salah satunya adalah kabupaten Bangkalan. “Dari 50 ribu orang miskin 7.725 ada di kabupaten Bangkalan mudah mudahan program PKH plus ini membawa barokah bagi kabupaten Bangkalan,” terangnya.

Ditambahkan Khofifah untuk menghindari adanya sunnatan Bansos, Program PKH plus untuk lansia ini diberikan melalui rekening BPBD Jatim. “oleh karena itu, para penerima manfaat dari lansia  diberikan melalui BPBD jatim, proses penyaluran melalui bank, proses penyalurannya menyiapkan buku tabungan ini cara untuk menghindari kemungkinan sunatan bansos, kalau dibuku tabungan, kan tahu diambil 500 ribu misalnya, dalam satahun kan Rp 4 juta dalam 4 cair, mereka tahu di tabungan ada sisa sekian,” katanya.

Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin, menyatakan, kabupaten Bangkalan bangkalan merupakan kabupaten tertinggal, dan dirinya sebagai bupati bangkalan menginginkan agar kabupaten bangkalan segera lepas dari predikat kabupaten tertinggal. “atas bantuan program PKH plus ini untuk menekan angka kemiskinan di Bangkalan, saya ucapkan terima kasih, semoga kabupaten bangkalan segera lepas dari predikat kabupaten tertinggal,”  pungkasnya.

Dalam acara Peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional ke 23 yang dipusatkan di kabupaten Bangkalan, ini sejumlah Lansia dari kabupaten di jawa Timur berkumpul di pendopo agung.  Dalam acara tersebut ada  bhakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis bagi lansia.(hib/shb).