Tingkatkan Kepedulian Masyarakat Terhadap Pencegahan Penyakit, Dinkes Bangkalan Gelar Lomba PHBS

tim penilai dari Dinkes usai melakukan penilain di kecamatan Klampis

 

Bangkalan.maduranewsmedia.com– Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pencegahan penyakit, Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan menggelar lomba Kampung Prilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). “Lomba PHBS ini dikuti oleh 22 Puskesmas dan ada 4 kampung yang masuk dalam Nominasi,” kata Kasi Propkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinkes Bangkalan, Binti Sholikah, Sabtu (3/11/2018).

Dikatakan dia, ke-4 kampung dari 22 Puskesmas yang masuk ke dalam Nominasi itu adalah kampung di desa Tanah Merah kecamatan Tanah Merah,  Kampung di Kamal  kecamatan Kamal, kampung di kecamatan Klampis, dan kampung di kota Bangkalan kecamatan kota. “Jadi lomba PHBS ini kita mulai sejak tanggal 22 Oktober dan untuk penentuan pemenangnya akan diumumkan nanti pada tanggal 12 Nopember bersamaan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional,” jelas Binti Sholikah.

Dijelaskan dia, tujuan diadakannya lomba PHB ini, untuk meningkatkan kepedulian mayarakat terhadap pencegahan penyakit, mempraktekkan PHBS menuju keluarga dan rumah tangga yang sehat, mewujudkan tatanan keluarga yang sehat menuju terwujudnya kawasan lingkungan yang sehat dan menumbuhkan semangat gotong royong untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Sedangkan Kreteria penilaian dalam PHBS ini kata Binti Sholikah,  adalah persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan,  menimbang balita setiap bulan di posyandu dan memberi bayi ASI  eklusif. “Jadi Kreteria penilainnya banyak, dan diantara kreterianya yaitu yang saya sebutkan,” terangnya.

Ditambahkan Binti Sholikah, dengan adanya lomba PHBS ini diharapkan nantinya tercipta sebuah kampung yang memang betul-betul peduli terhadap pencegahan penyakit. “Ya kita berharap dengan lomba PHBS ini masyarakat bangkalan bisa peduli terhadap pencegahan penyakit, dan benar benar menjadi kamloung yang sehat,” pungkasnya. (hib/shb)

 

.