Tingkatkan Kompetensi Guru PAUD, Ribuan Orang Guru Ikuti Workshop B2G

 

Bunda PAUD Kabupaten Bangkalan,Zuraidah Abdul Latif Amin Imron saat membuka acara Workshop B2G

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk meningkatkan Kompetensi guru PAUD, Dinas Pendidikan Kabupaten Bnagkalan menggelar Workshop. Sekitar 1.200 orang guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti Workshop B2G (Bernyanyi,Bermain,Gerak Dan lagu). Workshop B2G yang menghadirkan Nara Sumber Drs Sinung Widodo seorang komponis pencipta Lagu Nasional itu berlangsung meriah. “Dengan kegiatan ini, para pendidik PAUD baik itu pendidik Taman Kanak –kanak (TK) Kelompok Bermain  (KB)  Guru , Kader (Taman Pisyandu)  Guru Raudatul Atfal (RA) supaya lebih mengembangkan diri dan berkreasi dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran PAUD,” kata Bunda PAUD Kabupaten Bangkalan,Zuraidah Abdul Latif Amin Imron saat membuka acara Workshop B2G di Gedung Pertemuan Ratoh Ebu, Senin (07/10/2019).

Bunda PAUD Kabupaten Bangkalan,Zuraidah Abdul Latif Amin Imron sangat mengapresiasi Mars PAUD Kabupaten Bangkalan ciptaan Drs Sinung Widodo yang Rekaman Suara dilakukan hari Sabtu (6/10/2019)  kemarin oleh beberapa orang siswa PAUD,  guru PAUD dan Bunda PAUD Kabupaten  Bangkalan.” Saya harap Mars PAUD kabupaten   Bangkalan ini disosialisasikan kepada lembaga-lembaga PAUD di seluruh pelosok  desa-desa Dan dijadikan sebagai lagu Kebanggaan kabupaten Bangkalan,” jelas Zuraidah

Isteri Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron itu juga mengharpkan agar kegiatan workshop tidak berhenti sampai disini. “Saya harap kegiatan  ini tidak berhenti  sampai disini  saja, demi mewujudkan anak usia dini yang berkualitas,” teranganya.

Kabid SMP Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan Jufri Kora menjelaskan, nara sumber yang diundang dalam workshop B2G sangat tepat. “Nara sumber yang kita undang ini adalah seorang komponis dan memang sering mengisi seminar Workshop, dulu saya kenal beliau waktu ada acara di Banten,” kata Jufri Kora.

Dikatakan dia, diundangnya nara sumber Drs Sinung Widodo itu, agar supaya pratisi PAUD itu bisa memberikan bimbingan dan pembelajaran kepada guru PAUD di kabupaten Bangkalan. “Kita undang beliau agar supaya bisa memberikan bimbingan dalam proses pembelajara,ataupun bagaimana seorang guru bisa memberikan penanaman karakater bagi anak anak didik dan seorang guru yang bisa memberikan proses pembelajaran melalui gerak dan lagu,” jelas Jufri panggilan akrabnya Kabid SMP ini.

Selain itu kata Jufri, Drs Sinung Widodo ini merupakan praktisi PAUD. “Beliau  memang seorang praktisi di bidang PAUD dan beliau seing digunakan kementrian dalam rangka menciptakan beberapa lagu lagu untuk anak anak PAUD, jadi sangtlah tepat beliau diundang dalam workshop B2G ini,” terangnya.

 

Ketua Panitia yang juga Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdik Bangkalan, Dra Hj Soelstijawati saat menyampaikan laporan

Sementara itu Ketua Panitia yang juga Kabid Pembinaan PAUD dan PNF  Disdik Bangkalan, Dra Hj Soelstijawati menjelaskan, Acara Workshop B2G yang dibuka oleh Bunda Paud Kabupaten Bangkalan,Zuraidah Abdul Latif Amin Imron  dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD. “Kegiatan ini merupakan   upaya kita dalam peningkatan kompetensi pendidik Paud yang senantiasa harus dilakukan agar SDM pendidik PAUD di Bangkalan  semakin meningkat  di semua aspek dan kali ini khusus mengasah pendidik PAUD di Bidang Seni,” jelas Tya panggilan akrabnya Kabid PAUD dan PNF  Disdik Bangkalan ini.

Ditambahkan Tya, dengan Workshop B2G ini diharapkan para guru PAUD memahami Seni. “Jadi melalui kegiatan ini, para pendidik PAUD diharapkan dapat memahami dan berpraktek secara langsung ( Bernyayi  Bermain Gerak dan lagu ) Kemudian para pendidik PAUD dapat menularkan kepada anak didik di Lembaga masing-masing,” pungkasnya.

Dalam acara Workshop B2G itu, juga dilakukan launching lagur Mars PAUD kabupaten Bangkalan. Acara tersebut dikuti oleh sebanyak 1.200 pendidik PAUD se kabupaten Bangkalan. (adv/shb)