Tingkatkan PADes, Camat Arosbaya Minta Desa-Desa Yang Memiliki Potensi Wisata Dikembangkan

anak anak bermain di Pantai Desa Lajing (Pandela)

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk meningkatkan Pendapatan asli Desa (PAdes), camat Arosbaya kabupaten Bangkalan, Mahrus meminta kepada Kepala desa di wilayah kecamatan Arosbaya untuk mengembangkan pariwisata di desa-desa yang memiliki potensi wisata. “Sejumlah desa di kecamatan Arosbaya memiliki potensi wisata, dan saat ini dalam pengembangan,” kata Mahrus, Senin (10/02/2020).

Dikatakan Mahrus, selain wisata reliji makam Rato Ebu di desa Aer mata, ada tempat wisata lainnya yaitu bukit kapur di desa Buduran dan wisata Goa di desa  Berbeluk. “Untuk wisata goa di desa Berbeluk saat ini dalam proses penganggaran yaitu pembuatan jalan akses menuju tempat wisata Goa Berbeluk itu,” jelasnya.

Selain di tiga desa tersebut kata Mahrus, desa lainnya di kecamatan Arosbaya yang memilki potensi wisata adalah obyek wisata pantai dan pohon Mangrove di desa Tengket. “Tapi sayang jalan menuju ke tempat wisata ini hanya bisa dilalui lewat sungai dan harus naik perahu karena akses jalan daratnya belum ada,” terangnya.

Ditambahkan Mahrus, obyek wisata baru di kecamatan Arosbaya yang sudah dikunjungi oleh wisatawan lokal adalah Pantai desa Lajing (Pandela). “Tahun 2019 Pandela ini dibangun oleh desa Lajing dengan memanfaatkan dana desa,” tuturnya.

Pembangunan di Padela yang telah dilakukan kata Mahrus, menguruk tempat parkir, pembangunan Pujasera dan menguruk bibir pantai. “Karena dana desa ngak cukup untuk membangun tempat wisata Pandela ini, maka saya sarankan mencari pihak ketiga untuk melanjutkan pembangunan tempat wisata Pandela ini,” katanya.

Memang ujar Mahrus, masih banyak hal penunjang untuk tempat wisata Pandela yang harus dibangun. “Di tempat wisata Pandela ini masih banyak kekuranganya, di dalam nya nanti akan dilengkapi dengan motor cross dan kolam pancing.. Persoalannya untuk tempat motor cros ini tanahya milik perhutani, namun kita akan berupaya,” ujarnya.

Sebab imbuh Mahrus, saat sudah banyak masyarakat yang sudah berkunjung ke tempat wisata  Pandela  di desa Lajing ini. “Kalau wisatawan lokal sudah banyak yang berkunjung ke Pandela ini, semoga wisatawan lainnya bisa berkunjung ke Pandela dan dan semoga tempat wisata Pandela ini bisa meningkatkan PAdes,” pungkasnya. (hib/shb)