Usaha Peternak Ayam KSTM Ponpes Kramat Ujung Piring Mulai Tumbuh

Pengasuh Ponpes Kramat, Ra hasan Iroqi

 

Banglalan,maduranewsmedia.com- Usaha ternak ayam yang dikembangkan oleh kelompok Santri Tani Millenial (KSTM) Ponpes Kramat desa Ujung Piring kecamatan kota kabupaten bangkalan mulai tumbuh. Ratusan ayam kampung jawa super yang diternak kini siap dipanen. “Jumlah ayam yang kita ternak masih sedikit sekitar 350 ekor ayam, dan ayam jenis jawa super sudah siap dipanen,” kata Pengasuh Ponpes Kramat, Ra Hasan Iroqi, Sabtu (06/07/2019).

Dikatakan dia, jenis ayam yang diternak oleh oleh kelompok Santri Tani Millenial (KSTM) Ponpes Kramat desa Ujung Piring kecamatan kota kabupaten bangkalan ini adalah jenis ayam kampung jawa Super. “Kita pilih jenis ayam ini untuk diternak karena masa panennya lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung Asli atau AKA,” jelas Ra Hasan panggilan akrabnya  Pengasuh Ponpes Kramat.

Dijelaskan Ra Hasan, peternakan ayam kampung jawa Siper ini merupakan program kelompok Santri Tani Millenial. “Ayam yang kami ternak ini merupakan bantuan dari pemerintah untuk kelompok Santri Tani Millenial Ponpes Kramat,” terangnya.

Ditambahkan Ra Hasan, selain usaha tenak Ayam, kelompok Santri Tani Millenial  ponpes Kramat juga mempunyai usaha lain yaitu Mini Pom dan pembuatan alatnya, Fiber glass, aksesoris motor dan kolam lele Fiber. “Yang banyak peminatnya itu adalah usaha kolam lele Fiber dan aksesoris motor,” tuturnya,

Sebenarnya kata Ra Hasan,  Peternakan di kabupaten Bangkalan ini potensinya sangat besar, seperti peternakan ayam dan bebek, namun sayang selama ini caranya berternaknya  para peternak tidak mau berubah. “Yang sering terjadi saat banyak peternak yang bermasalah dengan masyarakat sekitar yang disebabkan bau, namun untuk menghilangkan bau itu caranya, makanya peternak harus banyak belajar agar bisa berubah,” pungkasnya. (hib/shb)