Volume Sampah Di Kota Bangkalan Meningkat 100 Persen/Tahun

tumpukan sampah di salah satu TPS di kota bangakalan

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– sejak di operasikannya jembatan suramadu, rumah makan dan restauran baru terus menjamur di kabupaten bangkalan. Banyaknya rumah makan dan restauran baru tersebut membuat volume sampah terus meningkat. “Banyaknya rumah makan baru ini volume sampah meningkat 100 persen setiap tahunnya,” kata Kepala Dinas Lingkungan HIdup kabupaten Bangkalan, Ishak Sudibyo, Kamis (23/3/2017).

Dikatakan dia, saat ini sampah yang harus di angkut di dalam kota bangkalan dan kecamatan Kamal jumlah sudah mencapai 214 kubik/hari. “Jadi ratusan kubik. sampah perhari itu dari tempat pembuangan sampah sementara (TPS) harus diangkut ke tempat pembuangaan akhir (TPA),” jelas Yoyok panggilan akrabnya ishak Sudibyo.

Padahal kata Yoyok TPA yang ada di desa. Buluh kecamatan Kamal saat kondisinya sudah overload dan  sudah tidak memenuhi syarat. “Secara umur tehnis, TPA Buluh sudah tidak memenuhi persyaratan, karena TPA Buluh itu di bangun pada tahun 2005, agar bisa dipakai, kita lakukan pemadatan,” terangnya.

Karena TPA Buluh sudah tidak memenuhi persyaratan kata Yoyok, pada tahun anggaran 2017 ini Dinas Lingkungan Hidup telah merencanakan untuk pembangunan. TPA Baru. “Pembangunan TPA baru sudah kita rencanakan,” tuturnya.

Ditambahkan Yoyok,  untuk pembangunan TPA baru ini lahannya yang dibutuhkan lebih dari 5 Hektar, maka diperlukan kajian. “Rencana pembangunan TPA baru ini sudah kita tetapkan, dan saat ini masih dalam tahapan kajian lahan, namun DID-nya sudah kita siapkan,” pungkanya. (hib/shb)

iklan 100x100