Wisuda SMAN 2 Bangkalan Dibatalkan, Dana Wisuda Disumbangkan Membantu Penanggulangan Covid-19

ilustrasi

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Karena adanya Pandemi Virus Corona (Covid-19) serta adanya Maklumat dari Kapolri untuk melakukan Physical Distancing dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona, SMAN-2 Bangkalan membatalkan agenda wisuda kelulusan siswa yang sudah disusun lama. Karena dibatalkan, dana wisuda tersebut disumbangkan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan  untuk Penanggulan Covid-19 di kabupaten Bangkalan.

Sumbangan untuk acara wisuda SMAN-2 Bangkalan yang dikumpulkan dari siswa kelas XII sebesar Rp 8,396 juta yang disumbangkan ke Gugus tugas penanganan Covid-19 itu diserahkan oleh perwakilan siswa kelas XII SMAN 2 Bangkalan melalui BPKAD Kabupaten Bangkalan.  Sumbangan dana dari SMAN 2 Bangkalan itu diterima oleh Kabid Akutansi BPKAD Bangkalan, Yudi Yanto, H.

Salah seorang siswa kelas XII SMAN-2 Bangkalan, Kresna Bayu mengatakan, pembatalan wisuda siswa kelas XII SMAN-2 Bangkalan ini sebagai bentuk dalam mengikuti himbauan pemerintah dan mengurangi penyebaran virus Corona di kabupaten Bangkalan..

Hal senadda diungkapkan oleh siswa kelas XII SMAN Bangkalan, Naura Nisrine. Menurut dia, sebenarnya tanpa wisuda kelulusan sepertinya ada yang kurang. “Namun dari pada kita paksakan tapi dalam suasana yang kurang baik  seoerti sekarang ini ya lebih baik dibatalin,” kata Naura, Senin (06/04/2020)..

Fitra Rohmansyah siswa kelas XII SMAN 2 Bangkalan yang lain, menjelaskan, sebenarnya acara wisuda ini murni inisiatif dari siswa SMAN 2 Bangkalan. “Kami sudah lama melakukan sumbangan siswa untuk mensukseskan program ini, karena cara ini sebagai apresiasi kami kepada sekolah, guru dan kami ingin menunjukkan kreasi siswa kelas sebelum meninggalkan sekolah ini,” tuturnya.

Sementara itu, kepala SMAN 2 Bangkalan, Abdus Syakur menjelaskan, pihaknya dalam hal ini hanya mengikuti kemauan wali siswa dan siswa. “Walaupun pelaksanaannya masih sebulan lagi, namun berdasarkan kondisi saat ini yang tidak menentu saya menyerahkan semuanya kepada wali siswa dan siswa. Dan kemarin baru diputuskan pembatalan dan yang membuatnya saya salut dan bangga bahwa uang yang sudah dikumpulkan untuk acara wisuda itu disumbangkan untuk membantu penanganan Covid-19,” kata Abdus Syakur.

Kepala SMAN 2 Bangkalan, Abdus Syakur mengharapkan apa yang dilkaukan siswa kelas XII ini bisa mengantarkan mereka sukses. “Saya harap kepedulian anak didik saya ini mampu mengantarkannya mereka menjadi anak yang sukses,” ujarnya.

Terpisah Kacabdin Pendidikan Wilayah Bangkalan, Sunarto sangat mengapresiasi langkah siswa SMAN 2 Bangkalan ini, “Semoga langkah baik ini bisa diikuti oleh siswa SMA lainnya dan masyarakat bangkalan pada umumnya,” pungkas Sunarto. (hib/shb)