Zona Sebaran Covid-19 Naik Turun, Polres Bangkalan Gencar Operasi Yustisi Di Pintu Masuk Jembatan Suramadu

pelanggar Prokes saat didata oleh petugas

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Zona sebaran Covid-19 di kabupaten Bangkalan naik turun, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (covid-19), Polres Bangkalan menggelar operasi Yustisi dipintu masuk jembatan suramadu di desa Sukolilo kecamatan Labang kabupaten Bangkalan. “Di bangkalan  ini zona-nya naik turun, dari merah turun ke orenge,  setelah orange turun ke kuning, setelah berjalan selama 2 minggu di zona kuning, naik lagi menjadi orange, sekarang kuning lagi, makanya kita gelar operasi Yustisi ini,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra, disela-sela operasi Yustisi, Selasa (20/10/2020).

Dikatakan dia, warna peta sebaran covid-19 yang naik turun ini disebabkan ketidak patuhan masyarakat didalam melaksanakan protokol kesehatan. “Adanya zona peta sebaran  yang naik turun ini tentunya dibutuhkan kepatuhan warga masyarakat untuk sadar akan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, ini yang terus kita gencarkan,” jelas Rama sapaan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.


Namun kata Rama, jika dibandingkan dengan bulan bulan sebelumnya tingkat pelanggaran protokol kesehatan ini mulai menurun.  “Secara umum hasilnya cukup siginifikan, para  pengedara motor awal awal bulan lalu pada awal dilaksanakan operasi 2 hingga 3 jam mendapatkan pelanggar 10 hingga 15 orang,  sekarang alhamdulilah dengan berjalannya waktu, tingklat kesadaran masyarakat terutama pengendara  motor cukup baik, akhir akhir ini, sekali operasi kita dapat pelanggar 5 hingga 8 orang pelanggar terangnya.

Ditambahkan Rama, operasi yustisi yang dilakukan dipintu masuk jembatan Suramadu itu merupakan operasi rutin. “Ini operasi rutin yustisi dimasa pandemi operasi yustisi ini gabungan  bersama teman-teman Satpol PP dan TNI tentang protokol kesehatan, sasarannya pengendara motor yang tidak menggunakan masker. Kita sudah beberapa kali pernah menggelar operasi di dititik suramadu ini, dan pagi ini kita laksanakan lagi,” tuturnya. Kapolres Bangkalan ini mengharapkan  masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “Kita berharap kesadaran masyarakat kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan, kita terus lakukan sosialissai, edukasi,  termasuk operasi yustisi ini tanpa henti,” pungkasnya. (hib/shb)