TERKINI

​Mutasi Pejabat di Pemkab Bangkalan terkendala SO Baru  

Kabag organisasi dan aparatur setkab bangkalan, Sarifuddin

Bangkalan, maduranewsmedia.com- Saat ini jabatan Kabid dan Kabag dilingkungan pemkab Bangkalan banyak yang kosong karena pejabatnya  pensiun, sementara untuk melakukan muatasi dan mengisi kekosongan jabatan itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten Bangkalan masih menunggu diberlakukannya Susunan Organisasi (SO) baru yang saat ini tengah di godok. “Sebelum SO baru itu belum diberlakukan kami tidak bisa melakukan apa-apa, termasuk mengisi jabatan Kabid dan Kabag yang kosong itu,” kata Kepala BKD Bangkalan, Moh. Ghufron, Selasa (20/9/2016)

Dikatakan Ghufron, karena dengan SO yang baru ini banyak perubahan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Jadi dengan SO baru ini ada Dinas yang di hapus dan ada kantor dinas baru, itu semua wewenang Bagian Organisasi dan Aparatur. Yang jelas sebelum SO di berlakukan, kami belum bisa melakukan mutasi,” terang Ghufron.   

Semantara itu Kabag Organisasi. Dan Aparatur Setkab Bangkalan, Sarifuddin menjelaskan bahwa pembahasan naskah akademik (NA) tentang susunan organisasi sudah rampung. “Naskah Akademiknya. Sudah rampung, namun perubahan-perubahan kecil, seperti salah letak nomen klatur yang masih harus diperbaiki,” jelas Sarifuddin.

Lebih lanjut Sarifuddin menjelaskan, Penyusunan SO baru ini mulai dilakukan sejak tanggal 27 Juli 2016 dengan mengandeng Universitas Brawijaya Malang.”Penyempurnaan nomen klatur SO baru tengah kita lakukan, contohnya konsep kita dinas pariwisata dan kebudayaan,  ternyata  di balik menjadi dinas kebudayaan dan pariwisata. Kalau  NA sudah final” tuturnya. 

Namun Sarifuddin Optimis akhir tahun SO Baru ini sudah selesai. Sebab pada bulan. Januari 2017 nanti harus dengan SO yang baru. “Penyusunan anggaran tahun 2017 harus dengan SO yang baru, makanya jumlah Dinasnya sudah fit, dan hasil NA ini

akan disampaikan ke DPRD untuk dijadikan Perda,  makanya Oktober ini harus. sudah selesai, dan kita berupaya keras untuk menyelesaikan karena  akan segera bisa dikirim ke DPRD,” katanya.

Dalam SO baru nanti, ada beberapa Baru, sperti Dinas perindustrian dan Ketenaga kerjaan, Dinas Kebudyaan dan Pariwisata, Dinas Pemuda dan Olah Raga, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu, Dinas Lingkungan Hidup.  Selain Dinas Baru ada 5 Badan, diantara satu Badan Baru yaitu Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang)

Selain Dinas dan Badan, dalam SO baru tersebut ada beberapa dan Kantor yang di hapus karena diambil alih oleh pemerintah propinsi. Dinas itu diantaranya : Dinas kehutanan, Dnas Pertambangan dan ESDM, dinas kelautan. Dan juga ada kantor dan bagian yang di hapus, seperti Kantor Pengelolaan Pasar, Bagian Staistik dan data dan Bagian penanaman Modal. (hib/shb)