HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

79 Desa Di Kabupaten Bangkalan Dibekali Ilmu Pengelolaan Bumdes

 

para pengelola Bumdes usai mengikuti bimbingan Teknis

Bangkalan.maduranewsmedia.com–  Untuk menggerakkan perekonomian di desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat desa memberikan Bimbingan Teknis pengelolaan Badan Usaha Milik desa (BUMDES) kepada Ketua dan Bendahara Bumdes di 79 desa yang tersebar di 5 kecamatan. “Bimbingan Teknis bagi pengelola Bumdes in adalah program dari Badan Pemberdayaan masyarakat desa,” kata Kabid Pemderdayaan desa, Mohammad Holil, Jum,at (26/07/2019).

Bimbingan teknis yang diberikan kepada pengelola Bumdes tersebut dimaksudkan agar supaya para pengelola Bumdes tahu dan paham akan penting Bumdes bagi perekonomian masyarakat di desa. “Agar supaya pengelola Bumdes ini bisa paham dan pada kahirnya desa menjadi mandiri,” jelas Mohammad Holil.

Dijelaskan Mohammad Holil, dalam setiap Bimbingan tehnis yang dilakukan  di desa-desa itu, Badan Pemberdayaan Masyarakat desa mengandeng Dinas Pariwisata  dan Dinas Koperasi. “Untuk desa yang ada potensi wisatanya kita melibatkan Dinas Pariwisata dan untuk dibidang pembukuannya kita melibatkan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah,” terangnya.

Dengan adanya program bimbingan teknis bagi pengelola Bumdes ini diharpkan para pengelola Bumdes di 79 desa yang tersebar pada 5 kecamatan tersebut, Bumdesnya bisa berjalan. “Ya Kalau Bumdesnya bergerak dan sehat pada akhirnya akan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat desa,” pungkasnya. (hib/shb)