HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Agar Supaya Asap Dapur Tetap Mengepul Di Masa Pandemi Covid 19 Warga Desa Geger Menanam Pohon Pisang

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Pandemi Covid 19 nampaknya membawa berkah tersendiri bagi Hadiri (45) warga desa Tegar Priyah kecamatan Geger kabupaten  Bangkalan. Pria yang sehari harinya berprofesi sebagai seorang guru ini menanam pisang agar supaya asap dapur tetap mengepul. “Saya mulai menanam pisang sejak tahun 2020  pada saat pandemi Covid 19,,” kata Hadiri, Sabtu (05/03/2022).

Pada saat itu kata dia,  untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona pemerintah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat diam dirumah. “Awmua aktivitas masyrakat dikerjakan dari rumah termasuk proses belajar mengajar dilakukan secarabdaring. Nah pada saat itiulah saya mulai menanam pisang, ” jelas Hadiri.

Pada awalnya jumlah pohon pisang yang ditanam Hadiri hanya puluhan pohon, saat ini jumlah pohon pisannyanterus bertambah. “Swkatang adan sekitar 250 pohon lebih dari berbagai jenis pisang, ” tetangnya.

Jenis pohon pisang yang ditanam Hadiri antara lain ; Pisang Keppok, Pisang Susu, Pisang Raja, Pisang Ambon, Pisang Emas, Pisang Muliyo dan Pisang Cavendiz. “Namun harga pisang yang paling bagus adalah pisang Keppok, pisang Emas, dan pisang Raja, ” tuturnya.

Selama ini kendala yang dihadapi Hadiri adlah paska panen. “Kalau dalam penanaman tidak ada masalah, tapi paskah panen kita kesulitan alat  yang namanya Repening agar supaya buah pisang yang dipanen cepat masak, ‘ katanya.

Hadiri mengharapkan agar supaya Dinas pertanian Holtukultura dan Perkebunan kabupaten Bangkalan bisa membantu kebutuhan petani pisang. (min/shb)