HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Anggota DPRD Jatim Mathur Husairi, Minta Jurnalis Bangkalan Bisa Menjaga Kepercayaan Pembaca Di Era Digital Media

Acara Buka bersama anggota DPRD Mathur Husairi dengan Jurnalis Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Mathur Husairi meminta agar supaya Jurnalis di kabupaten Bangkalan bisa merawat atau menjaga kepercayaan  pembaca di era Digital media. “Di era Digital seperti saat ini semua media mendapatkan tantangan bagaimana bisa merawat kepercayaan pembaca, sebab saat ini  kitai setiap detik disuguhi berita terutama media online yang sangat cepat,apa yang terjadi belahan barat timur di dunia dalam hitungan detik sampai di pembaca,” Kata Mathur Husairi dalam acara  buka puasa dengan Jurnalis Bangkalan di Rumah makan restoran joglo kecamatan Socah kabupaten  Bangkalan, Ahad (24/04/2022).

Dikatakan dia, kalau dulu sekitar tahun 90-an masyarakat hanya mendapatkan informasi dari media cetak, media eletronik TV dan Radio  “Di era tahun 90-an dimana disaat itu teman media jumlah sangat terbatas,dan kita membaca berita itu dari media cetak koran, TV dan Radio, di Madura itu cuma ada satu koran yaitu koran lokal, ” jelas jelas Mathur sapaan akrabnya anggota DPRD Jatim ini.

Seiring berjalannya waktu kata Mathur, munculah media cetak koran yang baru dan media online. “Di era digitalisasi seperti saat ini  media tidak bisa dibatasi karena memang meraka punyak hak yang sama untuk berserikat berkumpul menyatakan pendapat dan membuat badan hukum,” terangnya.

Oleh sebab itu kata Mathur, di era digitalisasi dan banjirnya informasi ini imbuh Mathur, wartawan  harus cerdas dan cermat. *Saat ini kadang pembaca  hanya membaca judulnya saja dan langsung di share ke sosial media (sosmed) “Jadi kadang pembaca  males ingin membaca mereka hanya  tertarik dengan judul dan se enak nya share-share,dan akhirnya pembaca yang sudah share berita itu pasti akan di komentari oleh netizen,saya pesan untuk jurnalis harus berhati-hati lagi dalam membuat berita,” katanya.

Sementara itu Ketua PWI Bangkalan, Moh Amin S. Ag, M. I.Kom, meminta agar supaya wartawan  yang ada di bangkalan ini tetap berpatokan kepada kode jurnalistik dalam menjalankan aktivitas jurnalis-nya.

Amin sapaan akrabnya ketua PWI Bangkalan menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPRD Jawa timur Mathur Husairi  “Semoga pertemuan dengan tema sosialisasi wawasan kebangsaan dan diskusi publik merawat kepercayaan pembaca di era digital media pada sore hari ini bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat terhadap wartawan Bangkalan, dan kami ucapkan banyak kepada bapak Mathur Husairi yang telah sudi menerima aspirasi dari rekan-rekan media di Bangkalan,” pungkas. (edi/shb)