HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Anggota Komisi VIII DPR RI H Hasani Bin Zuber Apresiasi BPKH

Anggota Komisi VIII DPR RI H Hasani Bin Zuber

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Anggota Komisi VIII DPR RI, H Hasani Bin Zuber memberikan apresiasi kepada Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait biaya haji dan pengelolaan keuangan haji. “BPKH ini salah satu mitra Komisi VIII DPR RI, saya apresiasi apa yang dilakukan BPKH karena selama ini masyarakat dan calon jama, ah haji banyak yang tidak tahu berapa riilnya atau aslinya biaya haji itu, ” kata Ra Hasani sapaan akrabnya anggota Komisi VIII DPR RI dalam acara Sosialisasi BPKH 1443 H dan Keuangan haji di Aula Hotel Rose Bangkalan, Senin (28/11/2022).

Dihadapan peserta Sosialisasi yang terdiri dari pengasuh pondok pesantren, guru madrasah dan Pengurus KBIH, Ra Hasani menjelaskan, bahwa ongkos haji riilnya itu Rp 98 juta/jama, ah. “Aslinya biaya haji itu Rp 98 juta, namun jama, ah tetap membayar Rp 39 juta, kekurangan sisanya di subsidi yang dananya di ambilkan dari nilai manfaat dana haji yg disetorkan, ” jelas Anggota DPR RI Dapil Madura ini.

Selain masalah ongkos haji kata Ra Hasani, ketika dirinya turun ke Konstituennya selalu mendapat pertanyaan terkait keuangan haji. “Banyak isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan atau berita berita hoax terkait pengelolaan keuangan haji, bseperti pertanyaan apakah dana haji kita aman, ini yang seringkali dipertanyakan, ” terangnya.

Oleh sebab itu kata Ra Hasani dengan adanya sosialisasi ini diharapkan bisa menangkal adanya berita berita hoax terkait pengelolaan keuangan haji. “Banyak hal yang kita dapatkan dari kegiatan ini terutama terkait dengan pengelolaan keuangan haji, semoga bermanfaat, ” tutur anggota Komisi VIII DPR RI yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Bangkalan ini.

Anggota Komisi VIII DPR ini menilai BPKH selalu ada inovasi dalam mengelola keuangan haji. “Saya selaku anggota komisi VIII mengapresiasi langkah BPKH yang selalu ada perubahan pengelolaan keuangan haji setiap tahunnya. termasuk adanya aplikasi yang baru untuk transparansi dalam pengelolaan keuangan haji, ” katanya.

Sementara itu, Kepala Devisi Humas BPKH, Nurul Qoyyimah saat menyampaikan materi sosialisasi mengatakan, bahwa dana haji yang dikelola oleh BPKH saat sebesar  Rp 160, 7 Triliun. “Insya Alah dana haji yang dikelola BPKH aman, ” pungkasnya. (min/shb)