HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Antisipasi Bencana Alam, Tim Gabungan Pemkab Bangkalan Lakukan Perapian Pohon Dipinggir Jalan  

tim gabungan dari pemkab saat melakukan perapian pohon dipinggir jalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti bencana angin puting Beliun yang terjadi di Bangkalan wakil bupati Bangkalan, Moh Mohni memberikan mandat kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bangkalan untuk melakukan perapian pohon di sepanjang jalan di kecamatan Burneh.”Kami melakukan perapian pohon dengan cara memotong dahan dan ranting. Untuk pohon yang mati kami langsung menebangnya. Dan untuk pohon yang berakibat tumbang kami hanya melakukan perapian saja,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hadari, Kamis (19/12/2019).

Dikatakan dia, dalam melakukan perapian pohon di sepanjang jalan di kecamatan Burneh ini, DLH bekerja sama dengan 5 instansi terkait. “Perapian pohon ini untuk mengantisipasi adanya bencana yang terjadi di bangkalan makanya kami melakukan perapian pohon di tepi jalan,” jelasnya Hadari.

Dijelaskan dia, untuk perapian pohon ini dilakukan dari ring road sampai ke kecamatan Burneh.”Perapian pohon ini kami mulai di ring road tepatnya depan SMKN 2 Bangkalan hingga ke Burneh. Dan kami memulai perapian pohon ini mulai dari jam 08:00 hingga 12:00 tujuan dalam perapian pohon ini mengantisipasi adanya pohon yang tumbang supaya tidak mengenai ke masyarakat yang lewat di sepanjang jalan ini ketika ada angin kencang,” terang Hadari sapaan akrab kadis LH kabupaten Bangkalan.ini.

Ditambahkan Hadari, dalam perapian pohon ini bukan hanya dari DLH saja, akan tetapi pihaknya telah membentuk tim kebencanaan dari instansi gabungan. “Untuk perapian pohon ini bukan hanya dari kami saja, akan tetapi dari BPBD, PLN, PUPR, TELKOM, dan juga DISHUB. Karena mereka yang berkaitan dengan pohon dan jalan dan juga dari LH sendiri keterbatasan alat untuk melakukan perapian pohon-pohon yang berada di pinggir jalan,” pungkasnya. (ver/shb)