HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Antisipasi Bencana Banjir Dan Tanah Longsor, Polres Bangkalan Tanam 5 Ribu Pohon

Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra saat menanam pohon..

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk mengantisipasi bencana alam seperti bencana Banjir dan tanah Longsor, Polres Bangkalan melakukan penanaman pohon. “Ada 5 ribu pohon yang kita tanam hari ini, dan kegiatan ini sesuai dengan intruksi pimpinan Polri dilakukan secara serentak, polisi peduli penghijauan,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra disela-sela acara penanaman pohon di Desa Serabih Barat kecamatan Modung kabupaten Bangkalan, Jum,at (10/01/2020).

Dikatakan dia, kegiatan polisi peduli penghijauan ini dilakukan di hutan lindung lahan milik Perhutani di kecamatan Modung. “Luas lahan yang kita tanami hari ada sekitar 3 hektar dari 650 Hektar luas hutan produksi atau hutan lindung milik Perhutani ini,” jelas Rama sapaan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Dijelaskan Rama, sedangkan untuk penanaman 5 ribu pohon ini, ada 250 orang yang terdiri dari Personel Polres Bangkalan, LSM dan masyarakat desa setempat. “Dalam kegiatan polisi peduli penghijauan ini  kita bekerjasama dengan steak holder, Polisi kehutanan dan Perhutani, komunitas Trail, para pelajar serta elemen masyarakat lainnya, ada juga para tokoh masyarakat dan Kades,” terangnya.

Ditambahkan Rama, pohon-pohon yang ditanam dalam kegiatan polisi peduli penghijauan ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat nanti ketika pohon itu berumur antara 10 hingga 15 tahun. “10 tahun yang akan datang,pohon pohon ini akan dirasakan manfaatnya oleh anak cucuk kita. Selian itu penanaman pohon ini untuk memperkuat unsur tanah serta untuk mencegah bencana alam seperti bencana Banjir dan tanah longsor,” tuturnya.

Kapolres Bangkalan mengharapkan, agar masyarakat mempunyai semangat yang sama dalam melakukan penghiiauan. “Bagaimana kita mulai hari ini melakukan penghijauan mempunyai semangat yang sama untuk menanam pohon, juga menjadikan pembelajaran kepada masyarakat serta kita sama sama bergerak untuk melakukan penghijauan,” pungkasnya.

5 ribu pohon yang ditanam dalam kegiatan polisi peduli penghijauan itu terdiri dari berbagai jenis pohon, diantaranya : pohon Apokat Mahoni, Trembesi, Jati mas, dan pohon Kelengkeng.(hib/shb)