Antisipasi Wabah PMK Polres Bangkalan Dan  Petugas Karantina Kembalikan 1 Pick-up Hewan Ternak Kambing Asal Kabupaten Gresik

Pick-up bermuatan kambing yang diputar balik ke daerah asal

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Untuk mencegah wabah penyakit mulut kaki (PMK), Kamis (19/05/2022) Polres Bangkalan bersama Petugas Karantina melakukan operasi di jalan akses Suramadu tepatnya di pos Karantina yang berada di Desa Baengas kecamatan Labang kabupaten Bangkalan. Dalam kegiatan  Mendampingi itu, Polres Bangkalan bersama  Petugas Karantina berhasil mengamankan masuknya hewan ternak kambing dari Kabupaten. Gresik yang mau menuju ke  salah satu Wilayah di Madura.

Kasi Humas Polres Bangkalan, Iptu Sucipto, S.H. menjelaskan, kegiatan pendampingan Polres Bangkalan dilakukan sejak  pukul 12.00 Wib di Kantor Karantina Suramadu Kabupaten Bangkalan. “Hewan ternak ternak kambing yang kita amankan itu dari Kabupaten Gresik yang mau dikirim ke salah satu Wilayah di Madura yaitu Kabupaten Pamekasan, ” kata Cipto sapaan akrabnya Kasi Humas Polres Bangkalan ini.

Cipto memaparkan kronologisnya, pada saat itu, petugas karantina menerima info adanya pick up bermuatan kambing dari luar Madura yang akan memasuki wilayah Madura dengan melintasi jembatan Suramadu  mendengar info tersebut petugas karantina kemudian menuju lokasi dan mendapati Pick Up tersebut selanjutnya mengamankannya di kantor karantina Suramadu Bangkalan.

Kemudian kata Cipto, hewan yang berhasil diamankan dilakukan pengambilan sampel darah oleh Petugas Karantina selanjutnya akan dikirim ke kantor karantina pusat Kamal untuk dilakukan uji lab untuk memperoleh hasilnya. “Selanjutnya hewan dan supir akan dikembalikan ke Daerah asal dengan dibuatkan Berita Acara Pengembalian oleh Petugas Karantina Bangkalan sedangkan pemilik hewan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Polres Bangkalan, ” terangnya.

Ditambahkan Sucipto, Kapolsek bersama anggota dan petugas karantina melaksanakan pengawalan 1 unit Pick Up   
L 300 No. Pol : M 8376 NC warna Hitam berisi 15 ekor kambing Jawa dan 2 ekor kambing Gibas di kembalikan ke daerah asal sampai meninggalkan wilayah kab bangkalan (bentang tengah) suramadu. (min/shb)