HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Bangun SDM Madura, BPWS Sediakan Anggaran Rp 4 Milyar

pintu tol Suramadu disisi Madura
pintu tol Suramadu disisi Madura

Bangkalan, Maduranewsmedia.com – Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) akan mengerojok dana sebesar Rp 4 Milyar untuk penguatan sumber daya manusia (SDM) di Madura pada tahun 2016 ini. “untuk Penguatan SDM di Madura, kita akan mengadakan pelatihan berbasis kompetensi yang seluruh pendanaanya dari BPWS,” kata Humas BPWS, Faisal Yasir Arifin, Minggu (14/02/2016).

Dikatakan dia, pelatihan berbasis kompetensi ini akan dilakukan di empat kabupaten di Madura. “Pelatihan yang akan kita berikan adalah pelatihan tehnologi pembuatan asap cair yang bahan bakunya dari batok kelapa. Di Madura bahannya banyak,” jelas coy panggilan akrabnya . Faisal Yasir Arifin.

Dijelaskan Coy, asap cair ini manfaatnya banyak sekali, bisa untuk pengawet ikan dan untuk kepentingan obat. “selama ini para nelayan kalau mau mengawetkan ikan biasanya memakai es atau formalin. Nanti kalau merek sudah bisa membuat asap cair, untuk mengawetkan ikan hasil tangkapannya tidaklagi memakai es atau formalin, tapi langsung bisa memakai asap cair itu. Selain tidak membahayakan bagi kesehatan, ikan yang memakai pengawet asap cair ini rasanya lebih enak,” terang Coy.

Selain tehnologi pembuatan asap cair, kata Coy, pelatihan dalam penguatan SDM di Madura ini juga akan diberikan dalam bentuk pelatihan dibidang kerajinan dan bidang otomotif. “Yang jelas anggaran untuk pelatihan ini Rp 4 Milyar yang akan dibagi sebanyak 20 angkatan, setiap angkatan 16 orang,” katanya.

Ditamabhkan Coy, pada tahun 2016 ini, pengembangan pembangunan yang akan dilakukan BPWS lebih fokus di kabupaten Bangkalan. “Dari total anggaran Rp 318 Milyar itu, untuk kabupaten Bangkalan Rp 180 Milya. Dana itu untuk pembangunan res area, pembebasan lahan dan peningkatan jalan dari desa Morkepek ke Universitas Trujoyo Madura,” pungkasnya.(hib/shb)