HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Banyak PAUD Di Kabupaten Bangkalan Yang Belum Terakreditasi

Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Sulistiawati

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  di kabupaten Bangkalan masih banyak yang belum terakreditasi. Belum terakreditasi-nya PAUD ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan.  “Memang masih banyak Yayasan PAUD yang masih belum terakreditasi dikarenakan ada beberapa sebab,”  jelas Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Sulistiawati, Rabu (29/01/2020).

Dijelaskan dia, faktor yang menyebabkan  yayasan PAUD terlambat dalam mengajukan akreditasi, karena banyak yang belum melengkapi berkas. “Banyak yayasan PAUD  yang masih belum lengkap berkas akreditasi-nya, apalagi sekarang sistem-nya dalam melengkapi berkas akreditasi ini memakai sistem online. “Dalam akreditasi PAUD ini kami kalah dengan kabupaten  lain,” jelas Tia panggilan akrabnya   Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) ini.

Ditambahkan Tia, yayasan PAUD ini meliputi taman penitipan anak (TPA), pos PAUD, Taman Bermain (TB), kelompok bermain (KB), dan juga Taman kanak-kanak (TK). “PAUD ini banyak yang belum terakreditasi karena pemerintah  pusat hanya membatasi bahwa di Jawa timur ini mendapatkan jatah hanya 3 ribu. Jadi kebanyakan dari yayasan PAUD dsini kalah cepat dengan kabupaten lain,”  tuturnya.

Saat ini kata Tia, jumlah PAUD/TK di kabupaten Bangkalan yang sudah terakreditasi hanya 195 PAUD/TK.  “Dari 870 PAUD/TK yang ada di kabupaten Bangkalan, i hanya 195 yayasan yang sudah terakreditasi. Untuk selanjutnya yang sudah mengajukan akreditasi kami masih menunggu giliran dari pemerintah pusat,” Pungkasnya.(ver/shb)