Baru 3 Parpol Yang Mendaftar Ke KPU Bangkalan

Devisi SDM, Parmas dan sosdiklih KPU Bangkalan Zairil Munir

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Pemilihan Umum (pemilu) tahun 2024 memasuki tahapan pendaftaran partai politik (Parpol) peserta pemilu. Di kabupaten Bangkalan sudah ada 3 parpol yang telah mendaftar ke KPU Bangkalan  “Kalau pendaftaran parpol  peserta Pemilu di KPU RI, kalau di KPU Bangkalan hanya pemberitahuan dan sampai saat baru 3 parpol yang telah memberitahukan ke kami, “Ketua KPU Bangkalan, Zainal Arifin, SH, MH melalui  Devisi SDM, Parmas dan Sosdiklih, Zairil Munir, SH, Selasa (02/08/2022).

Dikatakan dia, ke-3 parpol itu Partai umat, partai Kebangkitan Nusantara dan
Partai Negeri Daulat Indonesia  (PANDAI). ” 3 parpol yang telah memberitahukan ke KPU Bangkalan adalah partai baru, ” jelas Munir sapaan akrabnya  Devisi SDM, Parmas dan Sosdiklih KPU Bangkalan ini.

Dijelaskan Munir untuk pendataran parpol peserta pemilu tahun 2024 ini dibuka sejak  tanggal 1 Agustus hingga tanggal  14 Agustus 2022. “Pemberitahuan ke KPU ini khusus partai baru dan partai lama yang tidak lolos parliamentary threshold, kalau partai lama dan sudah lolos parliamentary threshold, tidak usah pemberitahuan, ” terangnya.

Setelah tahapan pendaftaran selesai kata Munir, maka memasuki tahapan pemilu yang selanjutnya yaitu tahapan verifikasi. “Untuk tahapan Verifikasi ini sesuai dengan jadwal tahapan Pemilu akan dimulai tanggal 1 Agustus hingga September 2022,” tuturnya.

Ditambahkan Munir selama tahapan itu, KPU akan melakukan verifikasi administrasi dan faktual. “Kalau partai lama dan  lolos parliamentary threshold kita verifikasi administrasi saja, tapi untuk partai lama yang tidak  lolos parliamentary threshold  perlalukannya sama dengan partai baru, ” katanya.

Devisi SDM, Parmas dan Sosdiklih KPU Bangkalan ini mengharapkan semua tahapan pemilu 2024 berjalan lancar. “Kita berharap semua proses tahapan pemilu 2024 berjalan lancar, ” pungkas Devisi SDM, Parmas dan Sosdiklih yang juga mantan Wartawan Cetak harian ini. (min/shb).