HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Bau Sampah Di TPA Buluh Meresahkan Masyarakat, Dewan, Mahasiswa  Dan LSM Sidak Ke TPA

TPA Buluh kecamatan Socah

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Anggota Komisi C, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan melakukan inspeksi mendadak (sidak) bersama ikatan Mahasiswa Socah (IKMS), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Bangkalan dan lembaga swadaya masyarakat (LSM)  ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Buluh, Kecamatan Socah kabupaten Bangkalan.  Sidak itu dilakukan untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat yang diresahkan dengan bau sampah di TPA tersebut

Anggota Komisi C, DPRD Bangkalan, H. Musawwir mengatakan terkait dengan adanya TPA yang sudah over load itu perlu dicarikan solusi. “Terkait TPA yang sudah menggunung dan baunya yang sudah menyengat ini,  perlu pemikiran yang panjang,  kami sudah meminta, kepada pemerintah daerah untuk bisa meratakan kembali sampah yang mulai menumpuk, sehingga tidak memakan tempat yang cukup banyak.Sampah yang menumpuk dengan alat Backhoe Loader, jika dibiarkan menumpuk begini tidak bagus penempatannya,” kata Musawwir disela-sela acara Sidak, Kamis (05/12/2019)

kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan, Hadari menjelaskan, sampah ini membeludak disebabkan oleh Backhoe Loader sebagai pengangkut  sampah yang dimiliki DLH  rusak. Sehingga pembuangan sampah belum teratur. “Kami sudah bergerak cepat untuk meratakan sampah yang sudah menumpuk,dan kami juga akan mendatangkan alat Backhoe Loader lain untuk meratakan sampah ini, sehingga truk pengangkut sampah bisa membuang sampah dengan teratur,” jelas Hadari.

Dijelaskan Hadari, ada alternatif teknologi agar kabupaten Bangkalan  bisa zero sampah. “Volume sampah di TPA ini, bisa tidak terbatas waktunya, karena setiap hari sampah ini  habis, namun untuk tehnologi zero sampah ini  kami masih membicarakan dengan bapak Bupati,” pungkasnya. (ver/shb).