HEADLINEKESEHATANPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Belasan Santri Keracunan Usai Makan Nasi Bungkus Pada Acara Peringatan Tahun Baru Islam 

foto keracunan ini dari warga untuk maduranewsmedia.com
foto keracunan ini dari warga untuk maduranewsmedia.com

Sampang, maduranewsmedia.com– Sedikitnya 18 santri Pondok Pesantren (Ponpes) di Desa Ombul, Kecamatan Tambelangan, Kabupaten Sampang, terpaksa dilarikan ke Puskesmas Tambelangan hingga dirujuk ke UGD Puskesmas Blega Bangkalan, pada Minggu (2/10/2016) sekitar pukul 05.00 WIB.

Dari 18 santri itu , 3 dilarikan ke Puskesmas Tambelangan dan sudah dirawat jalan di rumahnya. Sedangkan, 15 orang lainnya saat ini masih berada di Puskesmas blega Kecamatan blega kabupaten Bangkalan.

Kapolsek Tambelangan, Iptu Sukadi saat dihibungi melalu telpon selulernya membenarkan bahwa santri itu mengalami mual-mual dan muntah. Peristiwa itu diduga terjadi lantaran keracunan makanan usai menyantap makanan nasi bungkus atau kotak saat acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah, Sabtu (30/9/2016) kemarin malam. “Informasinya yang kami terima santri keracunan usai menghadiri acara peringatan Tahun Baru Islam,” kata kapoldek Kapolsek Tambelangan, Iptu Sukadi.

Dikatakan Sukadi untuk mengetahui penyebab pasti kejadian tersebut pihaknya masih melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan kepada santri. “Anggota masih di lapangan, jadi belum bisa menjelaskan secara detail, Mas. Tapi memang sebagian santri sudah ada yang dibawa pulang kerumahnya,” tandasnya.
ia belum bisa menerangkan secara medis apakah sisa makanan mengandung racun atau tidak.

Kepala Puskesmas Tambelangan, Moh Homzah membenarkan kejadian tersebut. Untuk kondisi ketiga santri itu sudah dibawa pulang karena kondisinya tidak terlalu parah. “Kalau 15 orang santri lainnya masih dirujuk ke puskesmas Blega, karena harus mendapatkan perawatan secara intensif untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” Puskasnya.(rhm/shb)