HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Benda Misterius yang Jatuh di Gili Raja Sumenep  Diduga Sampah Antariksa

 

Tiga benda misterius yang diamankan di Mapolres Sumenep
Tiga benda misterius yang diamankan di Mapolres Sumenep

Sumenep, maduranewsmedia.com – Sedikitnya empat benda misterius jatuh dari langit di sekitar Kepulauan Gii Raja, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep,  Senin (26/9/2016) kemarin. Sedikit demi sedikit mulai terungkap.  Seperti yang di beritakan Kompas.com, benda tersebut sempat diduga puing pesawat. Namun, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menduga, benda tersebut adalah sampah antariksa. “Pukul 06.27 WIB ada sampah antariksa melintasi dekat Madura,” kata Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN saat dihubungi Kompas.com, Selasa (27/9/2016).

Sampah antariksa tersebut merupakan sisa-sisa obyek peluncur satelit GPS yang diluncurkan pada 31 Maret 2003.  “Kemungkinan lain, itu pecahan roket Falcon 9 yang melintas Madura pukul 9.21 WIB,” imbuh Thomas. Falcon 9 adalah roket yang dikembangkan oleh SpaceX.

Astronom amatir Ma’rufin Sudibyo juga memiliki dugaan yang sama dengan Thomas. Ia mengatakan, benda itu mungkin adalah booster pendorongsatelit JCSAT-16 yang meluncur 14 Agustus 2016 silam, alias roket Falcon 9. “Booster ini lewat di atas Madura pukul 9.27 WIB,” kata Ma’rufin.

Thomas mengatakan, pihaknya akan menganalisis lebih lanjut kemungkinan-kemungkinan tersebut. Dari waktu kejadian, diduga benda yang jatuh adalah puing roket Falcon 9.

Salah satu benda berukuran seperti drum aspal dan berwarna hitam pekat. Benda tersebut dililit bahan seperti plastik dan tali rafia, sedangkan tiga benda lainnya berupa logam hangus seperti habis terbakar.

Benda ini menimpa kandang sapi milik Takiye alias Mundi warga Dusun Taman, Desa Lombang hingga rusak parah, sekitar pukul 10.00 WIB.

Warga juga mengaku mendengar suara dentuman keras di udara sebelum benda-benda itu jatuh dari langit. Bahkan warga setempat juga digegerkan dengan kabar adanya pesawat jatuh di Perairan Gili Raja. Bahkan, sebagian warga mengaku melihat jatuhnya pesawat di tengah laut. (rhm/shb)