HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

BPBD Bangkalan Himbau Masyarakat Waspada Di Puncak Musim Hujan

Bangkalan, maduranewsmedi.com- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bangkalan menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan tetap waspada pada masa puncak musim hujan yang di sertai dengan angin kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris menyampaikan kondisi ini bisa terjadi  karena menurut perkiraan BMKG, Puncak musim hujan wilayah Bangkalan Madura itu nanti diperkirakan sampai dengan awal Bulan Maret, dengan kurun waktu pancaroba dari musim kemarau ke penghujan itu sudah ada beberapa kejadian bencana hidrometeorologi.

“Kami himbau agar masyarakat berhati-hati dan tetap waspada masa puncak musim hujan yang di sertai dengan angin kencang, karena menurut perkiraan BMKG Puncak musim hujan wilayah Bangkalan Madura itu nanti diperkirakan sampai dengan awal Maret kurun waktunya,” Kata Rizal sapaan akrabnya Kepala BPBD Bangkalan kepada media maduranewmedia.com, Sabtu (22/01/2022).

Dikataian Rizal, kondisi cuaca terutama cuaca ekstrim, di daerah-daerah rawan bencana wajib untuk di waspadai, hal tersebut akan ada langkah awal dari BMKG sebagai peringatan dini dan diteruskan kepada pihak-pihak kecamatan dari Mustika dan Camat dalam langkah untuk di antisipasi masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana.

“Kami harap kepada masyarakat Bangkalan khususnya tetap mewaspadai terkait dengan kondisi cuaca, terutama cuaca ekstrem informasi peringatan dini cuaca ketika ada potensi-potensi bencana hidrometeorologi bisa diantisipasi lebih awal oleh masyarakat di wilayah rawan bencana khususnya,” jelas Rizal.

Ia juga menambahkan sekarang sudah eranya media sosial, kepada masyarakat bangkalan untuk rajin update link BKMG agar  dapat mengantisipasi dan dipersiapkan ketika ada potensi bencana hidrometeorologi  khususnya dalam musim penghujan.

“Kan eranya digital jadi masyarakat harus rajin rajin update di link-link BMKG disitu muncul hal-hal yang harus di persiapkan ketika ada potensi bencana khususnya dalam musim penghujan yang dapat sewaktu-waktu menjadi cuaca ekstrim,” katanya.

Sekedar untuk di ketahui wilayah rawan bencana yang harus di waspadai oleh masyarakat bangkalan, yang sering terjadi bencana seperti rawan banjir dan longsor yakni perkotaan, Arosbaya, Blega, tanjung bumi, sepuluh, klampis.(sdi/shb)