Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron Buka Kejurnas Lomba Seni Suara Ayam Bekisar

Bangkalan-maduranewsmedia.com- Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron membuka Kejurnas lomba seni suara ayam bekisar yang diadakan oleh komunitas Ayam Bekisar Sartika Bangkalan. Kejurnas tersebut diadakan dalam rangka Annivesary komunitas Sartika pembesar Bangkalan yang ke 5 dan Ulang tahun komunitas ayam Bekisar Sartika. “Alhamdulilah kita bisa hadir dalam lomba ayam berkisar yang adakan oleh komunitas pecinta seni suara ayam Bekisar Sartika,” kata Ra Latif usai membuka secara Kejurnas Seni suara ayam Bekisar di  stadion kerapan sapi RP Moh Noer di Kelurahan Pajagan kecamatan kota kabupaten Bangkalan, Ahad (16/01/2022)

Dikatakan dia, ayam bekisar yang ikut lomba pada hari ini datang dari berbagai daerah di Madura dan Indonesia. “Ayam berkisar ini asli dari Madura dari pulau Kangean Sumenep  yang di kawin silangkan dengan ayam betina Madura dan juga ayam hutan hijau,” jelasnya.

Pada hakikat nya  kata Ra Latif, lomba seni suara ayam bekisar  bukan menjadi wadah bagi penghobi seni suara ayam bekisar saja. “Ya mudah-mudahan nantinya menjadi upaya pemerintah kabupaten Bangkalan untuk melestarikan salah satu budaya suara seni ayam berkisar dan insya Allah acara seperti ini akan kami adakan setiap tahun dan waktunya bertempatan dengan hari jadi Bangkalan,” terangnya.

Dijelaskan Ra Latif, pihaknya bersyukur karena kegiatan lomba seni suara ayam bekisar ini bisa menggerakkan kembali roda perekonomian di kabupaten Bangkalan di masa pandemi Covid-19. “Lama kita tidak berkegiatan dan berkomunitas, Hari kita bisa melaksanakan lomba, tentu nya pemkab siap mendukung penuh lomba ini, karena dalam perlombaan ini ada nilai ekonomis-nya, sebab pemenang lomba pada hari ini bsa menjual ayam nya dengan harga cukup tinggi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, H Fatkurrahman yang juga ketua pembesar Bangkalan mengharapkan semoga lomba seni suara ayam bekisar ini nanti bisa digelar pada hari Jadi Bangkalan.  “Acara lomba seperti ini memang nanti mau dilanjutkan waktu pada hari jadi bangkalan yang akan datang,” kata Ji Kur sapaan akrabnya Ketua Pembesar Sartika Bangkalan yang juga Wakil  Ketua DPRD Bangkalan ini.

Ditambahkan Ji Kur ada 4 jenis ayam yang dilombakan pada Kerjunas Seni suara ayam Bekisar ini. “Ayam yang dilombakan sekarang ada 4 jenis, yaitu  perlombaan ayam buras, ayam hutan, ayam berkisar dan ayam kekok, ini lomba nasional karena pesertanya dari berbagai Indonesia,” pungkas ji Kur yang juga Ketua DPC PDI Perjungan Bangkalan. (edi/Sdi/shb)