Bupati Bangkalan  R Abd Latif Amin Imron Buka MTQ Ke XIV Tingkat Kabupaten Bangkalan

Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Bupati Bangkalan, R. Abd Latif Amin Imron secara resmi membuka acara Musabaqoh Tilawatil Qur, an (MTQ) ke XIV tingkat kabupaten Bangkalan. “Alhamdulilah dalam situasi yang belum stabil ekonomi dampak dari pandemi Covid 19 namun kita dapat diberikan waktu untuk perlombaan MTQ ini. Marilah kita lestarikan Hasanah Islami membangun insan qur’ani untuk generasi religius dan juga berkualitas,” kata Ra Latif sapaan akrabnya Bupati Bangkalan di sela-sela acara MTQ ke XIV di pendopo R  Pratanu Bangkalan, Rabu (22/06/2022).

Dikatakan Ra Latif, Perlombaan MTQ Yang dilakukan sekarang ini adalah penghelatan religius yang dilaksanakan 2 tahun sekali. “Tidak hanya memberikan pembelajaran masyarakat mencintai Al-Qur’an namun menumbuhkan semangat memahami makna kandungan Al-Qur’an sendiri,dan ini menjadikan momentum untuk adaptasi baru dalam menjalani kehidupan nilai-nilai Al-Qur’an menampilkan rujukan sekaligus motivator bagi masyarakat yang menjalin kehidupan di dunia,” jelasnya.

Dijelaskan Ra Latif, para peserta Musabaqoh Tilawatil Qur, an (MTQ) ke XIV  sangat antusias. “Cukup antusias para peserta lomba dari tingkat SD, SMP dan SMA, perlombaan ini dilaksanakan 1 hari ditempat yang berpisah di 7 tempat  diantaranya di pendopo R Pratanu, kantor kecamatan bangkalan, Dinas Sosial, kantor kementerian agama bangkalan, di pendopo agung dan  dii ruang Soejaki,” tuturnya.

Bupati Bangkalan mengharapkan   para peserta MTQ dapat memberikan prestasi terbaik dalam lomba ini. “Semoga para pemenang MTQ XIV nanti nya bisa juga mengukir prestasi ditingkat provinsi maupun nasional, dan jangan lupa junjung sportivitas, ” katanya.

Sementara itu Kabag Kesra Setkab Bangkalan, Hosun S. Pd, MM, mengatakan perlombaan MTQ ini ada beberapa lomba yang diselenggarakan. “Ada 9 kategori perlombaan Tilawah, Tartil, Tahfidz dan Fahmil qu, ran, Syahril Qur, an dan Hottil Qur, an. Peserta  367 orang, namun peserta  terbanyak dari cabang Tahfidul Qur, an, Perlombaan ini merupakan visi dan  misi  bupati Bangkalan yaitu terwujudnya masyarakat Bangkalan sejahtera dan religius,” pungkas Hosun (edi/shb).