Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron Himbau Peternak Tidak Panik Hadapi Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK)

R Abd Latif Amin Imron

Bangkalan,maduranewsmedia.com–  Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron menghimbau  kepada  peternak untuk tenang dan tidak panik dalam menghadapi penyakit mulut dan kuku (PMK) yang saat ini tengah  menyerang  hewan ternak di beberapa kabupaten di Jawa Timur  “Dalam mengantisipasi PMK ini, dinas terkait sudah melakukan rapat koordinaai dengan jajaran instansi lainnya  dan juga dwngan pihak polres,” kata Ra Latif sapaan akrabnya Bupati bangkalan, Rabu. (11/05/2022).

Dikatakan Ra Latif, menurut data dari dinas Pertenakan, di kabupaten Bangkalan masih aman terkendali. “Mudah-mudahan wilayah Madura khususnya  Bangkalan sendiri tidak ada wabah PMK seperti di kota diluar Madura,Sejauh ini belom ada informasi ke kami atau ke dinas terkait dengan wabah ini,” jelasnya.

Bupati Bangkalan mengharapkan agar supaya masyrakat yang memiliki hewan ternak seperti sapi dan lain nya segera melapor jika hewan ternaknya memilikinl gejala yang mengarah ke penyakit tersebut. “Saya harap masyarakat yang memiliki ternak segera melapor kepada kami melalui dinas terkait  biar dinas  meninjau langsung dan memberikan  pengobatan supaya tidak terjangkit kepada ternak yang lain-nya,” terang Ra Latif.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertenakan kabupaten  Bangkalan, Ahmad Hafid, mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi terkait PMK ini. “Kami bersama tim telah melakukan langkah yang bisa mencegah  penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak, kami cepat tanggap segera mengumpulkan semua dokter hewan dan petugas lapangan,” tuturnya.

Kepala Dinas Peternakan menuebutkan, bahwansaat ini di kabupaten Bangkalan masih kekurangan tim medis. “Kami saat ini masih  kekurangan tim medis dan petugas kami masih terbatas,” pungkasnya. (edi/shb)