HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Bupati Bangkalan Tegaskan, Penggantian SUKET Menjadi KTP el Gratis

Wakil Bupati bangkalan, Moh Moni saat menyerahkan KTP el kepada camat secara simbolis

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron menegaskan bahwa penggantian Surat Keterangan (SUKET) menjadi KTP eletronik (KTP el) gratis dan tidak dipungut biaya. “Perlu diingat Penggantian SUKET ke KTP el ini gratis,” kata Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin imron dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Bangkalan,Moh Mohni dalam acara Penyerahan KTP el secara Simbolis yang diserahkan pada saat Apel Korpri di halaman kantor Pemkab Bangkalan, Senin (18/03/2019).

Dikatakan Mohni KTP el yang diserahkan kepada Camat secara simbolis ini sebagai pengganti surat keterangan yang selama ini berlaku. “Ada sebanyak 32.185 KTP el yang tersebar di 18 kecamatan yang tercetak   24 Pebruari 2019. Dengan diserahkannya KTP el ini, maka surat keterangan sebagai pengganti KTP el dinyatakan sudah tidak berlaku lagi,” jelas Mohni.

Dijelaskan Mohni, diserahkannya KTP el ini untuk mewujudkan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan hak konstitusionalnya. “Sesuai dengan Surat edaran dari Dirjen kependudukan dan catatan sipil supaya  menuntaskan pencetakan KTP el dalam rangka Pileg dan Pilpres tahun 2019,” terangnya.

 

Plt Sekdakab bangkalan, Setijabudhi saat menyerahkan KTP el kepada camat secara simbolis

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) kabupaten Bangkalan, Rudiyanto, menjelaskan, SUKET yang dicetak menjadi KTP el ini merupakan pelayanan  sampai 24 Pebruari 2019.”Jadi tangunggan KTP el, yang selama ini masyarakat memegang SUKET sebagai pengganti KTP el sudah dicetak semua,  dan sudah diserahjkan kepada camat, kita berharap Camat secepatnya menyerahkan kepada pemilik atau yang bersangkutan,” kata Rudi panggilan akrabnya Kadispenduk Capil Bangkalan ini.

Pada prinsipnya kata Rudi, para Camat bisa secepatnya menyerahkan kepada pemilik atau yang bersangkutan. “Penyerahannya secara berjenjang, koordinasi antara camat dengan Kepala desa,” tuturnya.

Ditambahkan Rudi, saat ini pelayanan untuk pembuatan KTP el di Dispendukcapil sudah berjalan normal. “Sekarang ini sudah normal, kebutuhan blangko terpenuhi, pelayanan sejak tanggal 25 Pebruari dan seterusnya, Insya Allah tidak ada kendala, karena blangkonya normal,” pungkasnya.

Ini daftar Distribusi KTP el ke 18 kecamatan di kabupaten Bangkalan, kecamatan Bangkalan, 1.914, Socah 1.796, Burneh 2.280, Kamal 107, Arosbaya 1.677, Geger 2.565, Klampis 2.124, Sepulu 1.933, Tanjung Bumi 1.659, Kokop 2.446, Kwanyar 1.127, Labang 1.084, Tanah Merah 2.530, Tragah 1.169, Blega1.860, Modung 966, Konang 2.698 dan kecamatan Galis  (adv/hib).