HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Calon Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa  Blusukan ke pasar Tradisional di Pamekasan

calon Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa

 

Pamekasan, maduranewsmedia.com– Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa blusukan ke sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pamekasan, Pasar pertama yang dikunjungi adalah pasar Kolpajung, Senin (5/3/2018).

di pasar Kolpajung, Mantan Menteri Sosial tersebut disambut antusias oleh para pedagang dan warga yang sedang belanja di pasar. Banyak di antara mereka yang memanggil “Bu Khofifah” dari kejauhan yang disambut lambaian tangan oleh Khofifah.

Kemudian, Ketua Umum Muslimat NU tersebut memborong sejumlah dagangan milik warga yang dianggap sangat membutuhkan uluran tangan. Salah satunya memborong dagangan kerupuk yang dibeli Rp 150 ribu satu sak. Praktis, pedagang krupuk itu langsung membagikan dagangannya kepada pengunjung pasar.

“Di pasar saya menemukan banyak sekali proses yang sangat alami, saya merasa masyarakat menjalankan aktivitas ekonomi yang sangat kecil atau mikro. Mereka misalnya jual mentimun yang dipetik dari lahannya sendiri, mereka hanya jual dengan harga Rp 20 ribu,” katanya setelah mengelilingi pasar.

Aktivitas ekonomi perempuan di pasar Kolpajung sangat riil, mulai dari pedagang yang masih muda hingga pedagang yang sudah lanjut usia. Mereka melakukan transaksi ekonomi di bawah standar, sehingga hal itu harus menjadi perhatian pemerintah untuk meningkatkan ekonomi mereka.

“Oleh karena itu berikutnya adalah perlindungan kepada para pedagang, terutama perempuan lansia harus mendapatkan proteksi lebih baik, baik tempat dagangannya, perlindungan keamanan mereka maupun system ability mereka, saya bisa melihat suasana yang sangat natural dengan menjual yang memang kecil untuk menyambung kehidupan mereka,” tandasnya.

Berdasarkan jadwal agenda cagub nomor urut 1 di bumi Gerbang Salam hari ini, setelah dari Pasar Kolpajung, Khofifah kemudian melanjutkan blusukan ke pasar Keppo, pasar Waru dan ke pasar Pasean serta kunjungan kepada sejumlah pondok pesantren.(rhm/shb).