HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Cegah Abrasi Pangdam V/Brawijaya Bersama Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron  Tanam Mangrove Di Pandela

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Untuk mencegah abrasi dan kerusakan lingkungan di kawasan pesisir Pantai, Pangdam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto, M.Sc,  Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron serta anggota Forkopimda kabupaten Bangkalan melakukan penanaman pohon Mangrove di pantai Desa Lajing (Pandela) kecamatan Arosbaya kabupaten Bangkalan. “ Penanaman  mangrov ini dilakukan secara serentak  di 17 wilayah Kodim se Kabupaten/kota di Jatim,” kata Pangdam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto, M.Sc usai melakukan penanamanpohon Mangrov di Pandela, Jum,at (04/03/2022).

Dikatakan Dia, penanaman pohon Mangrov itu merupakan bentuk bantuan TNI kepada pemerintah propinsi Jawa Timur dalam pelestarian lingkungan. “Ini upaya kami untuk membantu  pemerintah, khususnya pemerintah Jatim timur untuk bagaimana melestarikan lingkungan khususnya   di pesisir pantai,” jelas , Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto.

Dijelaskan, Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto, 17 kabupaten/kota di Jatim yang melaksanakan penanaman pohon Mangrov itu antara lain; kabupaten Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Tuban, Lamongan, Malang, Pasuruan, Probolinggo,Situbondo, Jember, Banyuwangi, Gresik, Pamekasan, Sumenep, Sampang dan kabupaten Bangkalan. “Pohon Mangrove yang kita  tanam jumlahnya hampir 30 ribu buibit,” terangnya.

sebelumnya  Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto  pihaknya sudah melakukan  kurang lebih 41 ribu bibit pohon Mangrove.  “Jadi  total bibit pohon Mnagrov yang kita tanam sampai sekarang hampir 80 ribu bibit pohon Moangrov, dan itu kita tanam di seluruh wilayah kabupaten/ kota di Jatim,” tuturnya.

Pangdam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto, M.Sc mengharapkan kegiatan penanaman pohon mangrove tidak berhenti sampai disini. “Harapan kami kegiatan ini tidak berhenti sampai disini untuk melanjutkan kegiatan  penaman pohon mangrove di waktu yang akan datang, kemudian harus ada hasilnya apa yang kita tanam hari ini harus dijaga dan dirawat sehingga nanti dimasa yang akan datang akan bermanfaat bagi anak dan cucu kita,” katanya.

Sementara itu Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron menjelaskan, salah satu manfaat penanaman pohon mangrove ini adalah untuk mencegah abrasi air laut dan sebagai tempat hidup biota laut. “Hutan Mangrove juga berperan besar untuk oksigen bumi,” jelas Ra Latif sapaan akrabnya Bupati Bangkalan.

Oleh sebab itu kata Ra Latif, pihaknya mengajak semua elemen masyrakat untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan di pesisir pantia. “Pada Intinya kita harus berdamai dengan berkomitmen menjaga dan melestarikan lingkungan kita,” pungkasnya.

Dalam kegiatan penanaman pohon Mangrove serentak yang dipusatkan di Pandela Bangkalan, Pangdam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto, M.Sc melakukan dialog interaktif  secara daring dengan 17 kabupaten dan kota di Jatim. (min/shb)