HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Central IKM kabupaten Bangkalan Senilai Rp 9 Milyar Mulai Dikerjakan

lokasi Centra IKM

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Proyek Pembangunan central  Industri Kecil Menengah (IKM) senilai Rp 9 milyar diatas lahan seluas 5,2 hektar yang terletak di desa Baengas kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan sudah mulai dikerjakan. Lokasi centra IKM itu masih berada di kawasan rest area Suramadu.  “Centra IKM ini nanti sebagai tempat produksi dan promosi hasil kerajinan masyarakat bangkalan, “ kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja kabupaten Bangkalan Aminah Rachmawati melalui Kabid,  Non Agro, Iskandar Ahadiyat,  Selasa (18/7/2017)

Dikatakan dia,  proyek pembangunan Centra IKM ini merupakan proyek kementrian Perindustrian RI, sementara kabupaten Bangkalan hanya sebagai pelaksana kegiatan saja.  “Ini proyek multi years dan merupakan proyek dari Kementrian Perindustrian dan kelanjutannya tergantung kepada Kementrian Perindustrian, “ jelas Yayat panggilan akrabnya Kabid Non Agro tersebut.

Dijelaskan Yayat,  saat ini realisasi pembangunan Centra IKM itu sudah 25 persen dan ditargetkan bulan Desember sebagian dan pembangunan Centra IKM itu sudah selesai. “Dari 5,2 hektar itu yang akan dibangun hanya 2 hektar untuk dibangun 4 gedung termasuk toilet, dan saati ini pengerjaanya dalam proses pengurukan dan pemasangan paving, “ terangnya

Ditambahkan Yayat,  setelah lahan itu diuruk dan sebelum dibangun 2 hektar lahan tersebut dipadatkan terlebih dahulu. “Lahan itu kita pasatkan dulu baru di bangun secara bertahap,” Katanya.

Ada 6 jenis kerajinan yang akan dipromosikan di Centra IKM itu antara lain :Batik,  anyaman bambu,  anyaman tali agel,  emban cincin dan aneka sovenir lainnya.”Jadi di Central IKM ini nanti tidak hanya sebagai tempat etalase saja,  namun juga ada tempat industri,  ini kami lakukan biar ada edukasi kepada masyarakat, “ pungkasnya.  (hib/shb)