HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dalam Rangka HPN 2019, Ratusan Warga Bangkalan Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Gubernur Jatim saat memberikan bantuansembako secara simbolis

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Warga kabupaten Bangkalan, Madura, sangat antusias dalam mengikuti bakti sosial, berupa pemeriksaan kesehatan, pemberian obat-obatan dan sembako gratis, di Pendopo Raden Pratanu pemkab Bangkalan. “Dalam baksos ini  ada dokter yang  melayani khusus penyakit pikun, ini untuk pasien yang lansia- lansia, dan dokter yang kami hadirkan dokter ahli semua,” kata Gubernur Jawa Timur, Dr H. Soekarwo, disela-sela acara Bakti sosial kesehatan dalam rangka Hari Pers Nasional 2019 di Jawa timur, Kamis (31/1)/2019

Dikatakan dia, Pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi skrining mata, tes kepikunan, kolesterol, asam urat, konsultasi gizi, penyakit dalam, pemeriksaan jantung dan donor darah. “Ada Sebanyak 900 warga memanfaatkan baksos itu, Seusai pemeriksaan, seluruh pasien diberi obat-obatan dan sembako secara cuma-cuma. Bagi yang memerlukan penangan lebih lanjut, langsung diberi surat rujukan menuju rumah sakit,” jelas. Pakde Karwo sapaan akrabnya Gubernur Jatim ini.

Ditambahkan Pakde Karwo, kegiatan baksos yang dimotori Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dilaksanakan dengan hati, untuk berbuat kebaikan khususnya dalam bidang kesehatan. “Pak ketua umum PWI dan pengurus  PWI jatim, pingin berbuat sesuatu tentang kesehatan masyarakat,  karena masyarakat Jatim kesehatan dulu, baru kemudian pendidikan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari menyatakan, baksos ini merupakan kado HPN 2019, buat masyarakat Bangkalan, sebagai wujud kepedulian kalangan pers kepada warga di kabupaten ini.

Bupati Bangkalan, RKH Abd Latif Imron, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jatim yang telah menempatkan baksos HPN di kabupaten Bangkalan. “Agenda ini merupakan momentum untuk meningkatkan pendekatan antara kalangan  pers  dengan masyarakat Bangkalan,” kata Ra Latif sapaan akrabnya Bupati Bangkalan ini.

Selain pemeriksaan, juga dilaksanakan pameran kesehatan, untuk membangun jejaring rujukan pelayanan kesehatan di wilayah Madura dan kuis sehat cerdas.  Kegiatan baksos, antara lain melibatkan Rumah Sakit Soetomo, RS Haji, RS Menur, RS Mata Masyarakat, RS Paru, RS PHC. Semuanya berlokasi di Surabaya.

Rumah sakit lainnya adalah RS RSUD Bangkalan, RS Moch Noer Pamekasan dan RS Sumberglagah Mojokerto. Rumah sakit tersebut di bawah kordinasi Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jatim. (hib/shb)