HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dana TPG Triwulan I Rp 44 Miliar Lebih Cair Pekan Ini, Ribuan Guru Panen Rejeki Jelang Ramadhan

 

1.Sekretaris Disdik Bangkalan, DR H Bambang Budi Mustika
1. Sekretaris Disdik Bangkalan, DR H Bambang Budi Mustika

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Komunitas Guru di Kabupaten Bangkalan patut bersyukur. Pasalnya, beberapa hari menjelang kehadiran bulan suci Ramadhan 1437 Hijriyah, dana Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan I dipastikan bakal segera cair. Tak tanggung-tanggung, besaran nominal  dana TPG yang akan mengalir  pundi-pundi rekening 3.860 Guru TK,SD,SMP,SMA dan SMK  yang tersebar di 18 Kecamatan itu bernilai total Rp 44.077.419.280. Atau bernilai bersih Rp 39.106.164.222 setelah dipotong PPh sebesar Rp 4.971.255.058.

“Insya Allah, pada awal pekan pertama Juni ini, atau beberapa hari sebelum Ramadhan 1437 Hijriyah tiba,  plavon dana TPG sebesar Rp 39,1 miliar lebih itu sudah cair. Rekan-rekan guru, kami persilahkan untuk mengambil jatah TPG mereka melalui rekening pribadinya masing-masing,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan, DR H Bambang Budi Mustika,MM, Selasa (31/05/2016) pagi tadi, di ruang kerjanya.

Siraman plavon dana TPG triwulan I senilai Rp Rp 39.106.164.222 yang bakal mengalir ke pundi-pundi rekening 3.860 Guru TK,SD,SMP,SMA dan SMK itu, sudah barang tentu disambut dengan luapan suka-cita. Betapa tidak, asupan rejeki nomplok lumayan jumbo (besar) itu, bakal diterima para guru ketika daya konsumeritas masyarakat atas kebutuhan bahan pokok meningkat, menyusul kehadiran bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah, Senin (6/6) mendatang.

Tidak hanya itu. Cairnya plavon dana TPG triwulan I yang juga kaprah disebut dana sertifkasi itu, juga bertepatan dengan segera dibukanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pasca pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SD,MI,SMP,MTs,SMA,SMK dan MA pada kisaran April s/d pertengahan Mei lalu. Simpulnya, ribuan Guru di Kabupaten Bangkalan, tak perlu lagi pontang-panting mencari tambahan finansial dalam menyikapi kehadiran Ramadhan dan PPBD nanti. Sebab pundi-pundi rekening mereka dipastikan bakal gendut pasca cairnya plavon dana TPG triwulan I nanti.

“Alhamdulillah Pak, dana TPG triwulan I untuk semua Guru di Bangkalan akan segera cair. Saya amat bersyukur untuk itu. Selain untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri nanti, sebagian dari dana TPG yang saya terima nanti, juga bisa saya gunakan untuk kebutuhan anak saya yang akan melanjutkan study ke perguruan tinggi,” komentar Ida Fitri (50), Guru TK-YKK Bangkalan, sumringah.

Sementara Kasubag Keuangan Disdik setempat, Syaiful Bachri,MM, lebih detail menambahkan, seperti rentetan proses pencairan dana sertifikasi sebelumnya, pencairan plavon dana TPG triulan I tahun 2016 kali ini, juga dipilah menjadi  dua bagian. Jelasnya, plavon dana senilai Rp 33.653.763.600 dari total dana TPG triwulan I sebesar Ro Rp 44.077.419.280, akan didistribusikan kepada rekening 2.698  Guru TK dan SD yang tersebar di 18 Kecamatan.

“ Sedangkan Plavon dana sisanya senilai Rp 12.423.655.780, adalah dana TPG untuk  1.162 Guru SMP,SMA,SMK dan Guru DPK. Jadi jumlah Guru penerima TPG triwulan I nanti mencapai 3.860 Guru. Mudah-mudahan, beberapa hari lagi, baik plavon dana TPG untuk Guru TK dan SD maupun Guru SMP,SMA,SMA dan Guru DPK, sudah cair dan bisa diambil melalui rekening pribadi mereka masing-masing,” kata Syaiful.

Lebih detail Syaiful menambahkan, di luar 3.960 Guru itu, masih ada sekitar 180 Gru SD,SMP,SMA dan SMK calon penerima TPG triwulan I yang belum bisa menerima hak mereka dalam waktu yang bersamaan. Itu terjadi karena SK penetapan 180 Guru itu belum turun dari pusat, lantaran Data Pokok Pendidikan (Dapodik) mereka belum valid. “Sya berharap, moga-moga SK penetapan untuk 180 Guru itu bisa turun dalam waktu tak lama lagi,” pungkas Syaiful Bachri. (Sjam/shb).