Di Paguyuban Majelisul Hikmah Rp 1 Juta Bisa Berqurban 1 Ekor Sapi

para anggota Paguyuban Majelisul Hikmah saat menyembelih hewan qurban

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Untuk bisa berqurban 1 ekor sapi pada hari raya Idul Adha ternyata tidak mahal, di Paguyuban Majelisul Hikmah desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan, hanya dengan Rp 1 juta para anggotanya sudah bisa berqurban 1 ekor sapi. “Arisan hewan qurban ini merupakan salah satu program dari paguyuban Majelisul hikmah yang sudah berlangsung puluhan tahun,” kata Ketua Paguyuban Majlelisul Hikmah, H Agung Sumarsono disela-sela kegiatan Penyembelihan hewan Qurban di kediaman H Sutrisno, Sabtu (01/08/2020).

Dikatakan dia, arisan hewan qurban di Paguyuban majelisul Hikmah dilaksnakan sejak tahun 2007, dan setiap tahun pada saat hari raya qurban paguyuban majelisul hikmah sellau menyebelih 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. “Untuk arisan hewan qurban ini setiap anggota membayar setiap bulan dengan cara mencicil, uang cicilan anggota itu nanti menjelang hari raya qurban dihitung dapat berapa, kemudian dibeli sapi dan kambing,” jelas Agung sapaan akrabnya Ketua Paguyuban majelisul hikmah ini.

Dijelaskan Agung, untuk menentukan siapa yang dapat arisan dari anggota dilakukan pengundian terhadap  7 orang untuk 1 ekor sapi dan 1 orang untuk 1 ekor kambing. “Nama anggota diundi untuk menentukan siapa yang dapat arisan hewan qurban ini, setiaplebaran diundi untuk 7 orang. dan 7 orang yang beruntung dia yang berqurban,” terangnya.

Daging hewan qurban ditimbang untuk dibagikan kepada masyarakat

Ditambahkan Agung, untuk daging hewan qurban dibagikan kepada semua anggota, akan tetapi ada perbedaan antara anggota yang mendapat arisan hewan qurban dengan anggota yang tidak dapat. “Ya tentunya anggota yang mendapat arisan hewan qurban akan menerima leih banyak daging, kalau angggota yang ngak dapat arisan paling dapat 1 kg daging, tapi untuk anggota yang dapat arisan lenih banyak bisa 5 kg daging,” tuturnya.

Selain dibagikan kepada anggota, daging hasil arisan hewan qurban ini juga diberikan kepada masyarakat  sekitar dan di masak untuk dimakan bersama-sama anggota. “Ya kita amkan bareng, nyate bareng, biar paguyuban majelisul hikmah ini semakin guyub dan arisan ini juga untuk memupuk kebersamaan diantara anggota,” pungkasnya. (hib/shb)