HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Bangkalan Berikan Pra Pendampingan Penataan Dan Pengelolaan Arsip Yang Benar  Kepada OPD

nara sumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Tmur, Endang Sofianti. S.sos. MM

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Dalam rangka mewujudkan penataan dan Pengelolaan dokumen atau Arsip daerah yang baik sesuia dengan amanat undang-undang RI No 43 tahun 2009, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Bangkalan memberikan pembinaan dan pra pendampingan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan pemkab bangkalan. “Tujuannya dilaksanakan acara ini agar perangkat daerah benar-benar menindak lanjuti penataan dan pengelolaan arsip yang benar pada instansi-nya,” kata Kepala Bidang Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangkalan, yang juga ketua Panitia, Busiri S.Sos.MM disela-sela acara rapat pra pendampingan pembinaan penataan dan evaluasi arsip dinamis aktif dan inaktif di Gedung STIKES Ngudia Husada, Kamis (06/02/2020).

Dikatakan dia, penataan dan Pengelolaan dokumen atau Arsip dilakukan dengan benar, maka hal ini bisa menjamin ketersediaan arsip dalam penyelenggaraan kegiatan sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan sebagai  bukti yang sah. “Dasar dari kegiatan pembinaan dan pengembangan arsip ini adalah UU RI no 43 tahun 2009 tentang kearsipan, keputusan Kepala ANRI No 97 tahun  2001 tentang pedoman penilaian arsip bagi instansi pemerintah, badan usaha dan swasta, Keputusan Kepala ANRI No 12 thaun 2009 tentang standart penyimpanan fisik arsip dan Peraturan ANRI No 6 tahun 2019 tentang pengawasan kearsipan,” jelas Busiri.

Dijelaskan Busiri, jumlah peserta rapat pra pendampingan pembinaan penataan dan evaluasi arsip dinamis aktif dan inaktif sebanyak 70 orang. “Peserta-nya 70 orang dengan rincian 44 orang peserta dari 22 OPD dilingkungan pemkab bangkalan dan 16 orang peserta dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Bangkalan,” terangnya.

Ditambahkan Busiri, dalam rapat pra pendampingan pembinaan penataan dan evaluasi arsip dinamis aktif dan inaktif ini, panitia menghadirkan nara sumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Tmur, Endang Sofianti. S.sos. MM. “Nara Sumber yang kita undang ini Arsiparis ahli Madya  dari Propinsi Jatim,” katanya.

Acara rapat pra pendampingan pembinaan penataan dan evaluasi arsip dinamis aktif dan inaktif yang digelar di aula  STIKES Ngudia Husada itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangkalan, Moch Musleh, SH.MM. (hib/shb)