HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan Lakukan Sosialisasi Eartag di Pasar Hewan Langkap

Sosialisasi eartag

Bangkalan, maduranewsmedia.com-Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan melakukan Sosialisasi Ternak sapi & kerbau wajib pasang anting (eartag) di pasar hewan Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan. “Sosialisasi eartag ini kami lakukan ke pemilik sapi atau kerbau di pasar hewan  yang ada di seluruh bangkalan, ” kata  Kabid Kesmavet  Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan, drh Sumirah saat melakukan sosialisasi eartag, di pasar hewan Langkap Burneh, Minggu (20/11/2022).

Dikatakan dia, selain di pasar hewan, sosialisasi eartag juga dilakukan ke desa desa.  “Kami juga melakukannya ke desa-desa dengan turun langsung ke masyarakat yang mempunyai hewan ternak. Eartag ini penting supaya kalau di jual nanti hewan ternak dalam keadaan sehat dan lekas laku,” jelas Ira sapaan akrabnya Kabid Kesmavetb Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan ini

Dijelaskan Ira pelaksanaan sosialisasi eartag di pasar hewan karena adanya perintah dari  menteri kesehatan dan juga surat edaran bupati bangkalan. “Dalam sosialisasi ini kami menyampaikan program dari pemerintah bahwa ternak sapj dan kerbau wajib memakai eartag, kedepannya eartag ini merupakan persyaratan wajib dalam jual beli hewan ternak, kenapa? karena dalam eartag ini berisi indentitas hewan ternak, ” tuturnya.

Ditambahkan Ira, dalam sosialisasi di pasar hewan Langkap, pihaknya membawa cairan Disenfektan yang diberikan kepada pedagang dan peternak. “Kami membawa membawa 25 botol  Disenfektan dibagikan secara gratis, ” katanya.

Kabid Kesmavet  Dinas Peternakan kabupaten Bangkalan mengharapkan, agar masyarakat yang mempunyai hewan ternak taat kepada peraturan pemerintah demi keselamatan hewan ternaknya,”Harapannya dengan adanya peraturan dari dinas peternakan Republik Indonesia dan adanya surat edaran dari bupati bangkalan, sosialisasi  Eartag  dapat diterima oleh masyarakat, ujarnya.

Sementara itu kepala pasar hewan Langkap, Agus Riadi mengharapkan dengan adanya Sosialisasi eartag dari dinas Peternakan kabupaten Bangkalan ini bis bermanfaat bagi pedagang di pasar hewan Langkao. “Kami ucapkan banyak terima kasih kepada para dokter hewan dari dinas Peternakan Bangkalan yang telah memberikan sosialisasi kepada pedagang di pasar hewan Langkap, semoga kedepannya lebih membaik lagi penjualan hewan ternak di Indonesia termasuk di Bangkalan khususnya,” pungkasnya (edi/shb)