HEADLINEKESEHATANPERISTIWATERKINI

Dinkes Bangkalan Jalin Kerjasama Dengan Universitas Australia Dalam Penanganan ODGJ

Zuhdi

Bangkalan, maduranewsmedia. com- Dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten Bangkalan menjalin kerjasama dengan Universitas Australia didalam penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). “MoU -nya sudah kita tanda tangani pada bulan April 2022 lalu, ” kata Kadinkes Bangkalan, H Sudiyo melalui Kasi penanggulan dan pencegahan penyakit tidak menular. Dinkes Bangkalan, Zuhdi, Ahad (21/08/2022)

Dikatakan Dia, selain menjalin kerjasama dengan Universitas Australia, dalam penanganan ODGJ, Dinkes Bangkalan juga menjalin kerjasama dengan Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya. “Kalau Kerjasama dengan UNAIR ini sejak tahun 2015 namun aktifnya mulai 2017,” jelas Zuhdi.

Dijelaskan Zuhdi, kerjasama dengan UNAIR ini sudah berjalan yakni memberikan pelatihan kepada Kader ODGJ desa. “Beberapa waktu lalu kita sudah memberikan pelatihan keterampilan kepada 130 orang kader ODGJ desa, mereka kita latih cara penanganan ODGJ selama 2 hari, ” terangnya.

Saat ini kata Zuhdi, Dinkes Bangkalan telah memiliki Kader ODGJ desa. “Sementara ini kita masih memiliki 6 orang Kader ODGJ di tiap tiap desa. Target kita setiap desa ada 22 orang kader ODGJ, ” tuturnya.

Dengan adanya Kader ODGJ desa ini kata Zuhdi, diharapkan nantinya di setiap desa ada Posyandu ODGJ. *Saat ini masih ada 3 Posyandu ODGJ, yaitu Posyandu ODGJ di kecamatan Tanah, Kokop dan kecamatan Klampis, ” tuturnya.

Seat ini imbuh Zuhdi, ODGJ di kabupaten  Bangkalan sangat banyak, sementara anggarannya terbatas. “Makanya kita berupaya dengan keterbatasan anggaran ini bagaimana penanganan ODGJ bisa dilakukan secara kemanusiaan, ” pungkasnya. (min/shb).