Dinsos Bangkalan Lakukan Validasi Data Kemiskinan Dengan Aplikasi SIKS NG

Kepala Dinas Sosial kabupaten Bangkalan, Wibagio Suharta

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Bangkalan saat ini tengah melakukan validasi data kemiskinan dengan menggunakan aplikasi SIKS NG. “Proses validasi  data keluarga miskin melalui aplikasi SIKS NG ini sejak bulan Janurai lalu, dan proses validasi ini kami lakukan setiap 3 bulan. Untuk bulan sekaran akan dimulai pada  bulan Juli,” kata Kepala Dinas Sosial kabupaten Bangkalan, Wibagio Suharta, S.Sos, MM, Jum,at (26/06/2020).

Dikatakan dia, validasi data kemiskinan dengan aplikasi SIKS NG ini dilakukan agar data penerima bantuan sosial kemiskinan di kabupaten Bangkalan valid. “Tujuan pendataan ini untuk mem-validkan data penerima semua bantuan sosial yang berhubungan dengan  proses pengentasan kemiskinan di kabupaten.Bangkalan,” jelas Bagio sapaan akrabnya Kadinsos Bangkalan ini.

Oleh sebab itu kata Bagio, pihaknya menghimbau kepada semua desa untuk melakukan pendataan kepada masyarakatnya by name by  anddres dengan valid sesuai dengan identitas kependudukan yaitu KTP eletronik. “Makanya desa agar segera melakukan proses verifikasi data masyarakatnya yang tidak mampu dengan patokan pendataan itu adalah KK dan KTP eletronik,” terangnya.

Setelah masyarakatnya yang tidak mampu didata kata Bagio, desa langsung melakukan input data pada  aplikasi SIKS NG desa, lalu data itu di muaywarakan untuk ditetapkan sebagai penerima bantuan. “Kemudian data yang sudah valid itu di dikirim ke Dinsos untuk kemudian dilanjutkan ke Kemensos RI,” tuturnya.

Dengan validasi data kemiskinan penerima bantuan sosial kata Bagio, diharapkan data kemiskinan yang valid ini bisa mengentas tingkat kemiskinan di kabupaten Bangkalan. “Insya Allah dengan aplikasi ini, data kemiskinan yang dihasilkan akan valid,” pungkasnya. (hib/shb).