HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dispenduk Bangkalan Telah Terima Blangko KTP El

 

ilustrasi

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Dinas kependudukan catatan sipil (Dispendukcapil) kabupaten bangkalan hanya mendapatkan 10 ribu Blangko KTP eletronik (KTP el), padahal penduduk yang sudah merekam KTP el sebanyak 38 ribu. “Blangko Ktp el memang sudah kita terima, tapi hanya 10 ribu keping dan masih kurang 28 ribu keping lagi,” kata Kepala Dispendukcapil bangkalan, Rudiyanto melalui Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk,. Jayus Sayuti, Rabu (3/5/2017).

Dikatakan dia, 10 ribu keping blangko yang sudah diterima dari pemerintah pusat pada akhir bulan April lalu  itu sudah mulai di cetak. “KTP el sudah mulai kita cetak secara prioritas. Yang kita prioritaskan pertama adalah penduduk yang sudah merekam dan sama sekali belum pernah memiliki KTP el,” jelas Jayus Sayuti.

Dijelaskan Jayus Sayuti, pencetakan KTP el dengan sistem skala prioritas ini dilakukan, agar masyarakat yang sudah melakukan perekaman data dan belum memilik KTP el bisa segera memiliki KTP el. “Pencetakan KTP el skala prioritas ini terpaksa kami lakukan karena untuk kekurangan blangko KTP el dari pemerintah pusat itu tidak bisa dipastikan kapan datangnya,” terang Jayus.

Sementara untuk masyarakat yang KTP el-nya hilang atau rusak serta perubahan data akan dimasukkan ke dalam prioritas tahap kedua. “Kalau prioritas pertama ini sudah tuntas, baru pencetakan KTP el itu kita masuk ke prioritas tahap kedua,” tuturnya.

Ditambahkan Jayus, KTP el yang sudah dicetak pada prioritas tahap pertama ini akan langsung didistribusikan ke kecamatan-kecamatan. “Yang sudah selesai cetak langsung kita kirim ke kecamatan, jadi masyarakat mencari di kantor kecamatan,” katanya.

Sejak menerima blangko KTP el pada akhir bulan April minggu ketiga, Dispenduk capil terus melakukan pencetakan. “Perharinya itu kita bisa mencetak KTP el 100 keping hingga 125 keping,” pungkasnya. (hib/shb)